Corona Mewabah, KPU Belum Pertimbangkan Tunda Pilkada 2020

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 17 Maret 2020 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 337 2184422 corona-mewabah-kpu-belum-pertimbangkan-tunda-pilkada-2020-Few1WgZnQC.jpg Anggota KPU Pramono Ubaid (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mempertimbangkan untuk meninjau tahapan Pilkada serentak 2020 di tengah semakin meluasnya wabah virus corona atau Covid-19.

"Hingga saat ini, KPU belum mempertimbangkan opsi penundaan Pilkada 2020," ujar Anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi kepada Okezone, Selasa (17/3/2020).

Meski demikian, Pramono tak menampik untuk sementara waktu, pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkada yang berlangsung di 270 daerah tersebut harus disesuaikan dengan protokol keamanan.

"Kesehatan dan keamanan seluruh penyelenggara pemilu harus menjadi prioritas utama," tegasnya.

Baca Juga: Antisipasi Corona, KPU Diminta Tinjau Ulang Tahapan Pilkada 2020 

Pramono menerangkan, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota harus mengatur secara bergiliran pembagian secara teknis bekerja dari rumah.

Infografis Seputar Virus Korona

Selain itu, lanjut dia, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota diminta untuk mengurangi atau meniadakan acara-acara pengumpulan massa seperti bimbingan teknis, sosialisasi, pelantikan PPS, launching Pilkada, dan sebagainya.

"Pelaksanaan verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Paslon) perseorangan maupun pencocokan dan penelitian (coklit) yang mengharuskan petugas untuk bertemu secara langsung dengan orang lain (pendukung/pemilih) harus dilaksanakan dengan proteksi diri tinggi," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini