Presiden Jokowi Minta Sebagian ASN Kerja dari Rumah

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 15 Maret 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 15 337 2183643 presiden-jokowi-minta-sebagian-asn-kerja-dari-rumah-FzLPN9lmM2.jpg Presiden Jokowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan terkait mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19). Arahan itu ditujukan bagi kepala daerah dan juga seluruh masyarakat di Indonesia.

"Saya minta kepada seluruh gubernur, seluruh bupati, seluruh walikota untuk terus memonitor kondisi daerah dan terus berkonsultasi dengan pakar medis dalam menelaah setiap situasi yang ada," kata Jokowi dalam konfrensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).

Ia juga meminta agar kepala daerah melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menentukan status daerahnya apakah masuk dalam status siaga darurat atau tanggap darurat bencana non alam.

Nantinya kata dia, setelah mengetahui status kedaruratan tersebut bisa mengambil kebijakan yang efektif dan efisien dengan dibantu jajaran TNI-Polri serta dukungan pemerintah pusat, seperti memberlakukan pekerjaan dan belajar dari rumah.

"Membuat kebijakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa. Membuat kebijakan tentang sebagian ASN (Aparatur Sipil Negara) bisa bekerja di rumah dengan menggunakan interaksi online, dengan tetap mengutamakan pelayanan yang prima kepada masyarakat," paparnya.

Jokowi

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan Menkes Tingkatkan Langkah Ekstra Tangani Covid-19

Mantan Walikota Solo itu juga meminta untuk membuat kebijakan untuk menunda setiap kegiatan masyarakat yang melibatkan massa besar. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi korona.

"Dan meningkatkan pelayanan pengetesan infeksi covid-19 dan pengobatan secara maksimal dengan memanfaatkan kemampuan rumah sakit daerah dan bekerja sama dengan swasta serta lembaga riset dan perguruan tinggi yang direkom Kemenkes," tutupnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini