Pulau Sebaru Boleh Dikunjungi Masyarakat jika Sudah Didekontaminasi

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 15 Maret 2020 14:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 15 337 2183639 pulau-sebaru-boleh-dikunjungi-masyarakat-jika-sudah-didekontaminasi-20XTa4XRHM.jpg Pulau Sebaru Kecil (Foto: Humas PMK)

JAKARTA - Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu belum bisa dikunjungi masyarakat. Namun, bila dekontaminasi atau menghilangkan kontaminasi terhadap sarana dan prasarana di pulau tersebut selesai dilakukan, masyarakat boleh mengunjungi pulau tersebut.

"Boleh, silakan saja yang penting setelah enam jam kita dekontaminasi semua peralatan," kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) Laksamana Madya Yudo Margono Pelabuhan Komando Laut Lintas Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (15/3/2020).

Sebagaimana diketahui, Pulau Sebaru digunakan sebagai lokasi observasi dan karantina bagi anak buah kapal (ABK) Diamond Princess dan World Dream. Observasi dilakukan untuk memastikan para ABK tak terjangkit dari virus korona (Covid-19).

Baca Juga: TNI Lakukan Dekontaminasi Sarana dan Prasarana di Pulau Sebaru

Infografis Seputar Virus Korona

Yudo menjelaskan, usai memulangkan 68 ABK Diamond Princess, pihaknya akan melakukan dekontaminasi atau menghilangkan kontaminasi bagi sarana dan prasarana di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

"Jadi, yang kemarin (ABK World Dream) sudah (sudah dipulangkan), hari ini (ABK Diamond Princess juga sudah pulang), setelah enam jam baru kita laksanakan dekontaminasi," tuturnya.

Kendati demikian, Yudo belum bisa memastikan ke depan pulau tersebut akan digunakan hanya untuk observasi atau tidak.

"Untuk Pulau Sebaru apa hanya digunakan untuk khusus observasi ABK atau masyarakat nanti bisa diobservasi di sana apabila jumlahnya bertambah saya tidak tahu, itu proses kedepannya. Mau dipakai untuk apalagi silakan ditanyakan kepada yang berhak," ujarnya.

Baca Juga: Usai Diobservasi, 68 ABK Diamond Princess Dikatakan Sehat

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini