Raih Dukungan 90 Persen, AHY Diprediksi Jadi Ketum Demokrat Secara Aklamasi

Sarah Hutagaol, Okezone · Minggu 15 Maret 2020 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 15 337 2183573 raih-dukungan-90-persen-ahy-diprediksi-jadi-ketum-demokrat-secara-aklamasi-hfmYGtZTmF.jpg Agus Harimurti (Foto: Okezone/Sarah)

JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat Irwan menyebutkan bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapatkan dukungan suara 90 persen dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD), dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) untuk menjadi ketua umum Demokrat.

"Sementara baru AHY yang mendaftar dengan dukungan di atas 90%. Syarat minimum mendaftar 35% dukungan pemegang hak suara," ucap Irwan di sela Kongres V Partai Demokrat, di Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Anggota DPR ini mengungkapkan bahwa mayoritas Ketua DPD dan DPC Partai Demokrat menginginkan AHY disahkan sebagai ketua umum secara aklamasi. Namun, lanjut Irwan, keputusan akhirnya akan terlihat di sidang paripurna nanti.

"Sebanyak 75 persen dukungan pemilihan diarahkan aklamasi. Tapi nanti kita lihat hasil prosesnya pada sidang paripurna," katanya.

Demokrat

Baca Juga: Hari Ini, Demokrat Gelar Kongres Ke-V Pilih Ketua Umum Baru

Dengan perolehan suara sebanyak itu, maka AHY pun diprediksi akan menggantikan posisi sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai ketua Umun Partai Demokrat untuk periode 2020-2025.

Diketahui sebelumnya, sebelum acara Kongres V Demokrat yang diselenggarakan di JCC Senayan dimulai, AHY secara resmi mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum Partai Demokrat.

Berdasarkan pantauan Okezone, AHY pun nampak menyerahkan surat-surat rekomendasi dari DPD dan DPC untuk dilakukan tahap verifikasi dalam sidang Kongres V Demokrat.

"Ini surat rekomendasi dari DPD dan DPC seluruh Indonesia," ucap AHY di dalam hall JCC, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini