nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei Cyrus Network : Masyarakat Lebih Percaya Polri Ketimbang KPK

Sarah Hutagaol, Okezone · Jum'at 13 Maret 2020 19:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 13 337 2183013 survei-cyrus-network-masyarakat-lebih-percaya-polri-ketimbang-kpk-UT3T5WIVEq.jpg Cyrus Network melakukan survei terkait kepercayaan pada lembaga negara (Foto : Okezone.com/Sarah)

JAKARTA - Hasil survei nasional dari Cyrus Network menyebutkan bahwa kepercayaan publik terhadap lembaga negara tercatat lebih unggul Polri, dibandingkan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Polri saat ini dianggap makin kuat, 71 persen, makin solid 68 persen, dan makin bisa dipercaya 62 persen," ucap CEO Cyrus Network Eko Dafid Afianto di Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Adapun penilaian publik terhadap KPK masih di bawah dari Polri. Responden menganggap lembaga antirasuah makin kuat 57 persen, makin solid 54 persen, dan makin bisa dipercaya 57 persen.

"Untuk pertama kalinya survei menemukan penilaian kepercayaan publik terhadap kepolisian lebih baik jika dibandingkan penilaian terhadap KPK," ungkapnya.

Sementara itu, posisi pertama lembaga negara yang menempati kepercayaan publik, paling kuat dan solid ditempati oleh institusi Tentara Nasional Indonesia (TNI)

"TNI dianggap sebagai institusi paling kuat (82 persen), paling solid (80 persen) dan paling dipercaya (80 persen)," tutup Eko.

Baca Juga : 4 Pasien Korona Tecatat Meninggal Dunia

Sekadar diketahui, survei Cyrus Network ini sendiri melibatkan sebanyak 1.230 responden yang tersebar pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi di Indonesia. Responden dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling.

Survei ini pun dilakukan pada 24 sampai 30 Januari 2020 dengan menggunakan margin of error sebesar 2,8 persen, dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini