KPK Minta Irwansyah hingga Catherine Wilson Penuhi Panggilan Sidang Wawan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 13 Maret 2020 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 337 2182612 kpk-minta-irwansyah-hingga-catherine-wilson-penuhi-panggilan-sidang-wawan-cazEu9qVIV.jpg Irwansyah. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kekeuh memanggil ulang sejumlah saksi dari kalangan artis, untuk dihadirkan di persidangan Tubagus Chaeri Wardana (Wawan). Sebab, masih ada artis yang mangkir alias tidak memenuhi panggilan pemeriksaan tim Jaksa KPK, pada persidangan sebelumnya.

Hal itu ditanggapi KPK setelah terdakwa Wawan meminta agar tim Jaksa tidak lagi menghadirkan saksi-saksi dari kalangan artis. Sejauh ini, masih ada tiga saksi dari kalangan artis yang belum memenuhi panggilan Jaksa KPK. Ketiganya yakni, Irwansyah, Catherine Wilson dan Rebecca Soejatie.

"Tentu kepada para saksi yang belum sempat hadir, penuntut umum KPK, karena ini adalah bagian dari kebutuhan untuk membuktikan surat dakwaan kepada terdakwa Pak TCW, ini tetap akan menghadirkan tiga orang yang belum sempat hadir ya. Irwansyah, Catherine Wilson, Rebecca tetap nanti akan dihadirkan dan dipanggil kembali," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (13/3/2020).

Baca juga: KPK Seleksi 7 Polisi dan 4 Jaksa untuk Jabat Deputi Penindakan

Tim Jaksa penuntut umum pada KPK berencana memanggil ulang para saksi dari kalangan artis tersebut pada Jumat, 20 Maret 2020, pekan depan. KPK meminta agar Irwansyah, Catherine Wilson, dan Rebbeca Soejatie kooperatif dan memenuhi panggilan persidangan.

"Sekali lagi tetap bahwa kami mengingatkan pada saksi yang dipanggil di persidangan untuk kooperatif dan hadir, memenuhi panggilan tersebut untuk panggilan hari untuk sidang hari Jumat tanggal 20 Maret 2020," terangnya.

Gedung KPK. (Foto: Okezone.com/Arie Dwi Satrio)

Menurut Ali, pemanggilan para saksi dari kalangan artis tersebut semata-mata hanya untuk mengonfirmasi serta membuktikan rangkaian pidana Wawan. Sebab, sejumlah nama artis tersebut sempat disebut dalam surat dakwaan.

"Saya kira penutut umum akan memanggil saksi-saksi itu karena sekali lagi melihatnya dari sisi kebutuhan pembuktian surat dakwaan," katanya.

Sekadar informasi, sekira lima artis disebut mendapatkan hadiah dari adik kandung mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah tersebut.

Lima nama artis tersebut yakni, Jennifer Dunn, Catherine Wilson, Aima Diaz, Rebecca Soejatie Reijman, dan Reny Yuliani. Kelima nama tersebut disebut oleh Jaksa KPK turut menerima hadiah dari Wawan.

Wawan sendiri didakwa oleh Jaksa KPK melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan negara hingga Rp94,3 miliar. Ia didakwa melakukan korupsi bersama-sama dengan kakaknya, Ratu Atut Chosiyah.

Selain itu, Wawan juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Ia mencuci uang yang diduga hasil korupsinya senilai lebihbdari Rp500 miliar. Uang Wawan tersebut disinyalir mengalir ke sejumlah pihak.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini