Rampung Diobservasi, 188 Kru Kapal World Dream Dipulangkan Sabtu Pagi

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 13 Maret 2020 06:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 13 337 2182546 rampung-diobservasi-188-kru-kapal-world-dream-dipulangkan-sabtu-pagi-tF10MfedAn.JPG Para WNI kru Kapal Pesiar World Dream saat diobservasi di Pulau Sebaru Kecil (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA – Sebanyak 188 kru Kapal World Dream akan selesai menjalani masa observasi pada Sabtu 14 Maret 2020 mendatang. Mereka akan dilepas dari Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu ke Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara pada pagi hari.

Perwira Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Letkol Ampu Prionggoro mengatakan, seluruh ABK itu dinyatakan sehat setelah mengikuti masa observasi selama dua pekan di Pulau Sebaru. Pihaknya memperkirakan mereka tiba di Kolinlamil sekira pukul 12.00 WIB.

“Rencana Sabtu pagi baru digeser ke Kolinlamil dari Pulau Sebaru,” kata Ampu kepada Okezone di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Setibanya di Kolinlamil, lanjut dia, nantinya Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Yudo Margono akan menyerahkan mereka secara simbolis kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

“Dari Pangkogabwilhan 1 menyerahkan ke Menko PMK,” ujarnya.

Dari 188 ABK itu, kata dia, tercatat sebanyak 60 persennya berasal dari Bali. Namun, untuk daerah asal kru lainnya, dia mengaku tidak melakukan pendataan secara rinci.

“Saya enggak mendata. Mayoritas dari Bali, 60%,” tandas dia.

188 Kru World Dream

Seperti diketahui, para WNI ABK Kapal World Dream yang berhasil dievakuasi pemerintah sebanyak 188 orang. Rinciannya yaitu 172 laki-laki dan 16 lainnya perempuan.

Juru Bicara Penanggulangan Virus Korona, Achmad Yurianto menjelaskan, para ABK yang selesai dikarantina, akan menjalani pemeriksaan kembali secara menyeluruh sebelum dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. Pemulangan mereka pun akan sesuai dengan protokol yang sudah ditetapkan

“Tentunya akan pulang ada pemeriksaan total. Evaluasi total setelah itu pulang dan tidak kemudian dilepas ada SOP kita dalam kaitan ini dan mudah-mudahan tidak ada masalah,” kata Achmad.

(put)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini