nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertemuan PAN dan Golkar: Bahas Virus Korona, Pilkada hingga Omnibus Law

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 21:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 12 337 2182494 pertemuan-pan-dan-golkar-bahas-virus-korona-pilkada-hingga-omnibus-law-y5B9tOx8kv.jpg Petinggi PAN dan Golkar bertemu di Kantor DPP Golkar di Slipi (Foto : Okezone.com/Putera)

JAKARTA - Pertemuan antara elite Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golongan Karya (Golkar) membahas sejumlah agenda nasional maupun internasional. Di antaranya adalah perbincangan mengenai penyebaran dan pencegahan virus korona atau Covid-19 di Indonesia serta pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas beserta rombongan mengunjungi Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (12/3/2020) malam. Usai Kongres di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Zulhas yang terpilih kembali menjadi Ketum sudah beberapa kali melakukan safari politik ke partai politik lainnya.

"Tentunya ada beberapa hal dibicarakan, yang utama terkait kondisi kebangsaan hari ini, di mana tantangan ketidakpastian di dunia begitu banyak, mulai terkait korona, kemudian perlambatan ekonomi dunia, gejolak harga minyak," kata Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai menerima kunjungan elite PAN.

Airlangga menyebut, bahwa pertemuan tersebut juga menyinggung soal proses dari Pilkada 2020. Menurutnya, PAN dan Golkar telah menjalin koalisi dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut dibeberapa wilayah Indonesia.

"Kami membahas soal Pilkada yang kami hadapi tahun ini ada beberapa wilayah, daerah, provinsi, kabupaten, kota antara PAN dan Golkar ada irisan untuk kerjasama di Pilkada," ujar Airlangga.

Baca Juga : Ini 13 Rumah Sakit Rujukan Korona di Jateng, Catat Nomor Telefonnya

Selain itu, Airlangga yang juga Menko Perekonomian itu menyatakan, pertemuan ini juga membahas agenda Pemerintahan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Semisalnya, adalah Omnibus Law.

"Terkait agenda nasional yang diusulkan pemerintah pak Jokowi untuk mendorong Omnibus Law perpajakan dan cipta kerja. Kami sepakat ini segera dibahas dan kami carikan jalan keluar terbaik dan kami selesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama," tutur Airlangga.

Sementara itu, Zulhas mengungkapkan bahwa, pertemuan ini mengerucut bahwa PAN dan Golkar sudah sepakat untuk membahas bersama-sama soal persoalan bangsa yang dihadapi dewasa ini.

"Dari diskusi panjang itu, kami paham sepakat bahwa ini persoalan bangsa persoalan bersama. Saling menyalahkan tidak akan menyelesaikan persoalan. Menghadapi situasi ini, dengan kebersamaan soliditas kami bisa mengatasi persoalan yang kami hadapi. Kami bicara Omnibus law, pilkada dan lain lain," papar Zulhas dikesempatan yang sama.

Selain itu, Zulhas menuturkan bahwa, pertemuan ini juga sekaligus melakukan silahturahmi PAN pasca-kongres yang berlangsung. Oleh sebab itu, dikatakan Zulhas, konsolidasi politik ini juga menyampaikan undangan kepada Golkar untuk menghadiri pengukuhan pengurus PAN yang baru.

"Mengundang Ketua Umum Golkar dan Sekjen untuk menghadiri pelantikan pengurus PAN yang baru. Tentu Indonesia itu punya ciri khas silaturahmi, dengan silaturahmi, separuh persoalan bisa kami selesaikan," tutup Zulhas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini