Share

Iuran BPJS Batal Naik, Wapres : Sedang Dikaji Dampaknya terhadap APBN

Bramantyo, Okezone · Rabu 11 Maret 2020 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 337 2181806 iuran-bpjs-batal-naik-wapres-sedang-dikaji-dampaknya-terhadap-apbn-gXdYMmQHIf.jpg Wapres Ma'ruf Amin. (Foto : Okezone.com/Fahreza Rizky)

SOLO – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah akan mengkaji dampak keputusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan terhadap APBN.

Namun yang jelas, ungkap Ma’ruf Amin, subsidi premi BPJS Kesehatan akan meningkat.

"Dari pemerintah menyikapi hal tersebut tentunya (pemerintah) akan mempelajari seberapa dampak mungkin soal pembatalan kenaikan iuran BPJS. Saat ini sedang dikaji seberapa banyak dampaknya terhadap APBN," ujar Ma’ruf Amin usai menerima penghargaan dari UNS di Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/3/2020).

Menurut Ma’ruf Amin, saat ini pemerintah tengah bersiap-siap untuk melakukan penyesuaian atas keputusan MA tersebut.

Peserta BPJS Kesehatan Bukan Pekerja Mulai Turunkan Kelas Layanan

"Jika keputusan MK terkait pembatalan iuran BPJS diberlakukan pastinya akan berdampak pada APBN. Di mana ada perubahan-perubahan yang harus disesuaikan," tuturnya.


Baca Juga : BPJS Kesehatan Akan Koordinasi Lintas Kementerian Pasca-MA Batalkan Kenaikan Iuran

Sementara itu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang ikut mendampingi Wakil Presiden memilih untuk menghindari wartawan. Saat para wartawan memanggil namannya, mantan Kepala RSPAD ini hanya melambaikan tangannya.


Baca Juga : Diminta Kembalikan Uang Peserta Usai Iuran Batal Naik, Begini Reaksi BPJS Kesehatan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini