Share

WNA Positif Korona yang Meninggal Baru Datang ke Indonesia 4 Hari Lalu

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 11 Maret 2020 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 337 2181759 wna-positif-korona-yang-meninggal-baru-datang-ke-indonesia-4-hari-lalu-NvAu6m62W0.jpg Jubir penanganan virus korona, Achmad Yurianto. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Seorang warga negara asing (WNA) positif virus korona (Covid-19) meninggal dunia. Ternyata, yang bersangkutan baru beberapa hari masuk ke Indonesia, sebelum akhirnya dinyatakan terinfeksi virus tersebut.

"(Datangnya) empat hari lalu," kata Juru Bicara Penanganan Korona Covid-19, Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Yuri berujar, saat tiba di Indonesia, WNA perempuan berusia 53 tahun itu memang sudah sakit. Saat kondisinya makin memburuk, barulah yang bersangkutan dibawa ke rumah sakit.

"Dari datang dia sudah sakit," ucapnya.

Pasien mengidap penyakit hipertensi, diabetes, paru obstruksi, hiperteroid, dan sebagainya. Dengan terinfeksi virus korona, daya tahan tubuh yang bersangkutan semakin lemah.

Baca juga: Rumah Sakit di Cirebon Rawat 2 Pasien Dalam Pengawasan Virus Korona

"Betul bahwa korona virus ini akan memperburuk daya tahan tubuh dia, dan ini menyebabkan peluang penyakit-penyakit dasar yang dia miliki menjadi semakin parah," ucap dia.

(Foto: Kemenkes RI)

Yuri menegaskan, penyebab pasien 25 meninggal dunia tidak bisa dikatakan semata karena virus korona. Tetapi karena penyakit komplikasi yang dideritanya.

"Jadi bukan karena korona sebagai penyebab utama, tapi itu yang memburuk kondisinya," tukas dia.

WNA tersebut meninggal pada Rabu 11 Maret 2020, pukul 02.00 WIB. Perempuan berusia 53 tahun itu terindentifikasi sebagai kasus 25.

Pasien yang berada di Bali itu masuk kategori imported case atau terinfeksi Covid-19 di luar negeri. Jenazah yang bersangkutan tengah dalam proses pemulangan ke negara asalnya. (qlh)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini