Pasien Sembuh dari Virus Korona, RSPI: Tidak Perlu Khawatir Ada Penularan

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 11 Maret 2020 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 337 2181754 pasien-sembuh-dari-virus-korona-rspi-tidak-perlu-khawatir-ada-penularan-SvhakWcJJn.jpg Penanganan Pasien yang Terinveksi Virus Korona di RSPI Sulianti Saroso (foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Utama (Dirut) RSPI Sulianti Saroso, dr Mohammad Syahril mengimbau masyarakat tak perlu khawatir setelah sebelumnya dua pasien positif korona dipulangkan setelah dinyatakan negatif Covid-19.

"Tapi begitu dia sudah dia selesai dirawat dari sini, maka pasien ini sebetulnya bebas. Tidak perlu khawatir akan ada suatu penularan lagi," ujar Mohammad Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Baca Juga: Tak Ada Pasien Korona yang Miliki Penyakit Bawaan Lain di RSPI 

Ia pun berpesan bagi pasien yang sempat terpapar virus korona untuk terlebih dahulu menjaga kondisi tubuhnya guna mencegah terinfeksi penyakit lain. "Karena kalau kondisi tidak dijaga, bisa saja penyakit yang lain yang masuk," ucap dia.

Syahril mengatakan, seharusnya yang perlu dikhawatirkan masyarakat hanya orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien Covid-19. Sehingga, ia pun meminta masyarakat untuk segera memeriksakan dirinya bila mengalami kontak langsung dengan pasien Covid-19.

Ia menambahkan bahwa Dinas Kesehatan merupakan pihak yang bertanggungjawab untuk memantau pasien yang sebelumnya menderita positif korona di wilayah adminstratifnya.

"Jadi rumah sakit tidak punya kewenangan untuk melakukan pemantauan langsung kepada pasien-pasien di lokasi mereka berada. Tapi kita kerja sama ya," tutur dia.

Syahril memastikan pasien yang sudah negatif Covid-19 bisa terinfeksi kembali virus korona bila kembali melakukan kontak langsung dengan pasien positif korana.

"Kemungkinan kalau dia kontak lagi dengan orang-orang yang positif atau dia bepergian lagi ke daerah-daerah yang terjangkit. Memang harus hati-hati juga. Jadi dari referensi dan diskusi yang beredar pun belum ada suatu kekebalan dari korona ini," tandasnya.

Baca Juga: 1 Pasien Positif Virus Korona Meninggal, Begini Penjelasan Pemerintah

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini