Posisi Amien Rais Tetap Tertinggi di PAN

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 11 Maret 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 337 2181666 posisi-amien-rais-tetap-tertinggi-di-pan-p1XuFkBaQw.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Ketua Umum terpilih Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menggantikan posisi Amin Rais sebagai Ketua Dewan Pembina PAN, dengan Soetrisno Bachir. Pendiri PAN itu hingga kini tidak memiliki posisi jelas di partai.

Merespons hal itu, Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengaku belum tahu secara jelas perubahan posisi di struktural partainya. Namun demikian menurutnya, perubahan tersebut bisa jadi sebagai rotasi di tubuh partai.

"Kalau di struktural ya mungkin di situ (Amien Rais) ada rotasi atau perkaderan," kata Yandri kepada wartawan, Rabu (11/3/2020).

 Baca juga: Zulhas Tunjuk Soetrisno Bachir Jadi Dewan Pembina PAN, Gimana Nasib Amien Rais?

Yandri mengklaim, tidak adanya Amien Rais dalam struktural partai bukan berarti mengesampingkan posisi Amien. Sebab baik dalam struktur maupun tidak Amien Rais tetap sebagai tokoh yang dihormati semua kader PAN.

"Pak Amien tetap tertinggi, enggak ada yang bisa nandingi siapapun. Walaupun mungkin enggak ada di struktur tetapi fungsi dan keberadaannya enggak ada yang bisa menandingi jadi pak Amien tetap yang tertinggi," jelasnya.

"Dia pendiri PAN, terus tokoh sentral di PAN, orang tua kita semua. Jadi enggak bisa ada yang gantikan pak Amien, itu secara substansi," sambungnya.

Diketahui sebelumnya, pergantian posisi Amien Rais sebagai Ketua Dewan Pembina PAN disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat bertemu dengan Partai Nasdem.

"Dewan Kehormatan itu Mas Tris (Soetrisno Bachir), Sekjen Pak Eddy Soeparno," kata Zulhas usai bertandang ke Kantor DPP Nasdem, di Jalan Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa 10 Maret 2020 kemarin.

Zulhas menjawab diplomatis saat ditanya jabatan untuk Amien Rais di kepengurusan DPP PAN 2020-2025. Dia tak menyebut posisi apa yang akan diduduki mantan Ketum PP Muhammadiyah itu, kecuali hanya memuji Amien Rais sebagai sosok spesial di partainya.

"Pak Amien (Rais) selalu spesial di PAN," ujar Zulhas.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini