Polri Sebut Situasi Papua Sudah Kondusif Usai Penembakan oleh KKB

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 11 Maret 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 337 2181418 polri-sebut-situasi-papua-sudah-kondusif-usai-penembakan-oleh-kkb-ZfiIL4GUsf.jpg Karo Penmas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono. (Foto: Dok Okezone/Muhamad Rizky)

JAKARTA – Polri menyatakan situasi di Mimika, Papua, sudah kondusif usai adanya penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Pos Koramil Jila pada Senin 9 Maret 2020.

"Situasi (sudah) kondusif," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono ketika dikonfirmasi Okezone di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Baca juga: Penembakan Marak di Papua, Polri Belum Berencana Tambah Pasukan 

Ia mengatakan, usai penembakan tersebut aparat gabungan dari TNI dan Polri melakukan patrol, kemudian melakukan dialog dengan masyarakat.

"Personel Polri-TNI melakukan patroli dialogis dengan masyarakat," imbuhnya.

Dia melanjutkan, di sisi lain untuk mencegah terjadinya penambakan oleh KKB, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) terjun langsung ke lapangan mengajak masyarakat bersama-sama menjaga keamanan.

"Forkominda turun lapangan ajak masyarakat untuk menjaga bersama," jelasnya.

Baca juga: Kronologi Babinsa TNI Ditembak KKSB saat Hendak Salat di Koramil Jila 

Sepanjang Maret 2020, sedikitnya ada tiga kasus penembakan di Mimika. Pada Senin 9 Maret, Pos Koramil Jila diserang KKB hingga menewaskan seorang Babinsa TNI AD yang sedang bertugas yakni Serka La Ongge.

Lalu pada 5 Maret, Pos TNI di Banti, Distrik Tembagapura, Mimika, juga ditembak kelompok bersenjata. Peristiwa ini hanya berselang dua hari setelah penembakan terhadap mobil patroli Polsek Tembagapura.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini