Berpotensi Menularkan Virus, RSPI Pertimbangkan Penggunaan Handphone bagi Pasien Korona

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 10 Maret 2020 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 337 2181170 berpotensi-menularkan-virus-rspi-pertimbangkan-penggunaan-handphone-bagi-pasien-korona-GdfF3DSQLE.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang, RSPI Sulianti Saroso, Dyani Kusumowardhani mengatakan, pihaknya tengah mempertimbangkan penggunaan telepon genggam atau handphone bagi pasien korona yang dirawat di ruang isolasi.

Menurut Dyani, pertimbangan itu dilakukan untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus korona melalui barang-barang yang digunakan pasien tak terkecuali melalui telepon genggam.

"Sebetulnya ini (handphone) pun jadi bahan pertimbangan kami, apakah diperbolehkan atau tidak (penggunaannya), kalau melihat ada barang lain masuk selain kebutuhan perawatan, itu kan menambah resiko untuk penularan penyakit," kata Dyani, Selasa (10/3/2020).

 Baca juga: RSPI Sulianti Saroso Berencana Tambah Ruang Isolasi Pasien Virus Korona

Namun saat ini, pihaknya masih memberikan izin bagi ara pasien untuk menggunakan telepon genggam tersebut, sebab hal itu menjadi satu-satunya alat bagi pasien untuk berhubungan atau komunikasi dengan keluarga.

"Tetapi dengan pertimbangan lain, kami masih mengizinkan dengan ketentuan bahwa dia tidak melakukan kontak yang berlebihan dengan luar," terangnya.

 Baca juga: Virus Korona, Muhammadiyah: Penggunaan Alkohol untuk Antiseptic Tidak Diharamkan

Meski begitu, pihaknya melarang pasien yang di rawat diruang isolasi korona untuk menggunakan vitur video call maupun perekaman video. Namun Dyani tidak menjelaskan kenapa larangan itu dilakukan.

"(Untuk penggunaan handphone masih diizinkan, tapi) video call, atau perekaman itu tidak diperkenankan," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini