Kemenkominfo Temukan 187 Berita Hoaks Terkait Virus Korona

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 10 Maret 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 337 2180982 kemenkominfo-temukan-187-berita-hoaks-terkait-virus-korona-u8uYXgzmuM.jpg Menkominfo Johny G Plate saat Memberi Keterangan Mengenai Maraknya Hoaks Virus Korona (foto: Okezone/Fadel Prayoga)

JAKARTA - Penyebaran virus korona (Covid-19) yang asalnya dari Wuhan, China hingga kini telah menyebar ke beberapa negara salah satunya Indonesia. Merebaknya virus tersebut membuat masyarakat Indonesia khawatir.

Kemudian, fenomena itu dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk membuat berita palsu atau hoaks ihwal penyebaran Virus Korona di Indonesia melalui media sosial.

Baca Juga: Imbas Korona, Bandara Ngurah Rai Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh di Kedatangan Domestik 

Ilustrasi (foto: Shutterstock)

Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo), Johnny G. Plate menyebut hingga Selasa (10/3/2020) pihaknya menemukan 187 berita hoaks di jejaring dunia maya dan aplikasi perpesanan.

"187 hoaks itu hasil monitoring dari cyber drone Kominfo. Ada banyak, termasuk diantaranya Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya," kata Johny d Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020).

Ia mengaku tak bisa melakukan pemblokiran terhadap akun media sosial yang menyebarkan berita palsu tersebut. Namun, pihaknya telah bekoordinasi dengan penyedia jasa media sosial itu untuk memblokir seluruh akun hoaks terkait korona.

"Kominfo melakukan request atau permintaan kepada platform digital untuk melakukan takedown terhadap akun akun tertentu yang dianggap melanggar hukum dan aturan di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga telah menyurati Polri untuk berpatroli di dunia maya dan segera melakukan penegakan hukum terhadap oknum-oknum yang meresahkan masyarakat tersebut.

"Kami sudah menyurati kepolisian RI dalam rangka penegakkan hukum,tentu itu kewenangan kepolisian pengadilan dan kejaksaan," kata dia.

Baca Juga: 13 Pekerja Asing di Kabupaten Bekasi dalam Pengawasan Virus Korona


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini