DPR Menyakini Pemerintah Mampu Atasi Virus Korona

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 09 Maret 2020 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 337 2180627 dpr-menyakini-pemerintah-mampu-atasi-virus-korona-7Ag54gYNOb.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Pemerintah masih terus secara maksimal untuk menangani virus korona yang sudah masuk ke Indonesia. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menyakini penanggulangan penyebaran dampak virus konona akan optimal jika pemerintah dan seluruh elemen masyarakat berperan aktif bersinergi memberikan kontribusi sesuai kapasitasnya masing-masing.

Kata dia, Polri, TNI dan team kesehatan mampu bersinergi sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing dalam upaya mengatasi dampak covid 19.

“Kita pasti mampu keluar dari masalah ini. Indonesia mampu,” kata Sahroni dalam keterangannya, Senin (9/3/2020).

 Baca juga: Pasien Positif Virus Korona di Indonesia Bertambah Jadi 19 Orang

Virus Korona

Selain itu, pria yang juga pengusaha itu mendorong, jika para pengusaha di Indonesia turut ambil bagian membantu pemerintah, melalui dana corporate social and responsibility (CSR) dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang covid 19 serta bantuan alat kesehatan seperti masker dan alat-alat kesehatan pendukung lainnya.

“Saya mengajak seluruh anak bangsa tergerak hatinya bersatu, dan bersinergi menjadi bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan covid 19,” sambungnya.

 Baca juga: RSPI Sulianti Saroso Terima 606 Orang Dalam Pengawasan Virus Korona

Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak panik dan menghentikan panic buying yang dapat menciptakan persoalan baru di tengah masyarakat, yakni kelangkaan barang yang justru merugikan masyarakat itu sendiri.

Sebaliknya, kata Sahroni, pemerintah harus menjamin ketersediaan barang dan stabilitas perekonomian di tengah berbagai persoalan yang sedang dihadapi, terlebih persoalan virus corona yang saat ini menjadi masalah global.

“Masyarakat tidak perlu panik dan percaya bahwa pemerintah melalui bidangnya masing-masing akan mencari solusi terbaik untuk membawa kita lepas dari masalah ini,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan wabah Virus Korona, Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien positif terinfeksi virus korona atau Covid-19 di Indonesia bertambah menjadi 19 orang, dari sebelumnya hanya enam orang. Di antaranya pasien tersebut ada warga negara asing (WNA) dan masih dirawat di rumah sakit di Tanah Air.

“Hingga saat ini sudah 19 orang (positif Covid-19). Ini pengembangan dari yang kita rilis di awal,” kata Yurianto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan.

Menurutnya, pasien yang positif virus korona tersebut ada warga asing yang berasal dari tiga negara. Namun dia tak menyebutkan negara mana saja. “Pastinya negara yang terifeksi,” ujar Achmad.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini