Satu WNI di Australia Terkonfirmasi Positif Virus Korona

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 09 Maret 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 337 2180464 satu-wni-di-australia-terkonfirmasi-positif-virus-korona-52SiTcNOR6.jpg Sekretaris Direktorat Jenderal P2P Kemenkes Achmad Yurianto

JAKARTA - Sebanyak satu orang Warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif virus korona (Covid-19) di Australia. Saat ini yang bersangkutan telah dirawat di rumah sakit di Negeri Kanguru tersebut.

Juru Bicara Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianto mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Australia perihal kasus ini.

"Mereka menyampaikan bahwa memang agak panjang riwayat perjalanan ini," kata Yurianto saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Dijelaskannya, WNI yang terkena Covid-19 mulanya terbang dari Jakarta menuju Australia. Sesampainya di sana, dia mengunjungi banyak tempat, satu di antaranya ke rumah makan Vietnam. "Di sana banyak sekali orang Asia Tenggara yang makan. Kemudian muncul keluhan, otoritas kesehatan dinyatakan positif," ucap dia.

Yuri melanjutkan, saat ini kondisi seorang WNI tersebut stabil dan mendapatkan perawatan di rumah sakit di Australia. "Dan keberadaannya saat ini dipantau oleh KBRI. Jadi kita yakini bahwa sebenarnya kontaknya tidak di Indonesia," jelas Yuri.

Baca Juga : Pasien Positif Virus Korona Tak Dilarang Main Smartphone

Pada Minggu, 8 Maret 2020, media Australia melaporkan bahwa seorang wanita WNI berusia 50-an tahun yang terbang dari Jakarta ke Perth, teruji positif virus korona.

Wanita itu kemudian melakukan perjalanan ke Melbourne pada 2 Maret dan menemui dokter pada 6 Maret, dan dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu malam.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini