Bertemu Golkar, Nasdem Usulkan Parliamentary Threshold Naik Jadi 7 Persen

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 09 Maret 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 337 2180440 bertemu-golkar-nasdem-usulkan-parliamentary-threshold-naik-jadi-7-persen-W15r3LqkY4.jpg Foto: Okezone.com

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (9/3/2020).

Usai pertemuan tertutup itu, Airlangga mengatakan, ada usulan dari Surya Paloh untuk merevisi Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum terkait kenaikan ambang batas parlemen atau parliamentary threshold dari 4 menjadi 7 persen.

"Terkait dengan parliamentary threshold, ada usulan dari pak Surya Paloh bahwa parliamentary threshold 7 persen," kata Airlangga usai pertemuan.

 Baca juga: Bertemu Airlangga, Demokrat: Soal 2024 Tunggu Episode Selanjutnya!

Surya Paloh, kata Airlangga berharap nantinya kenaikan 7 persen parliamentary threshold tersebut bisa diberlakukan secara nasional. Artinya partai yang lolos ambang batas parlemen nasional, otomatis lolos masuk parlemen daerah.

Begitu pula sebaliknya, partai yang tidak lolos ambang batas parlemen nasional, tidak lolos untuk DPRD kabupaten/kota.

"Dan ada tambahan usulan pak Surya Paloh yang 7 persen ini, berlaku secara nasional," tuturnya.

 Baca juga: Moeldoko: Pemerintah Lagi Fokus ke Ekonomi, Tolong Jangan Bicara Politik Dulu

Adapun terkait usulan itu, Airlangga mengaku setuju dan akan mendukung Partai Nasdem untuk menaikkan parliamentary threshold tersebut.

"Partai Golkar juga melihat ini sesuatu yang bagus dan Partai Golkar akan mendukung konsep tersebut," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, parliamentary threshold atau ambang batas parlemen merupakan syarat yang harus dipenuhi setiap partai politik peserta pemilu untuk meraih kursi DPR. Partai politik yang hanya meraih suara di bawah ambang batas parlemen, tidak akan mendapat kursi di DPR.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini