Kondisinya Membaik, Pemerintah Akan Pulangkan 5 WNI Kru Diamond Princess dari Jepang

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 07 Maret 2020 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 07 337 2179710 kondisinya-membaik-pemerintah-akan-pulangkan-5-wni-kru-diamond-princess-dari-jepang-St8ZevQQnQ.jpg Proses Pemulangan WNI yang Merupakan Kru Kapal Diamond Princess di Yokohama, Jepang (foto: Dokumentasi Kemenlu RI)

JAKARTA - Pemerintah berencana memulangkan lima warga negara Indonesia (WNI) kru Kapal Diamond Princess yang masih dirawat di rumah sakit Jepang. Pasalnya, kondisi mereka perlahan mulai membaik.

Mulanya, sembilan WNI kru Kapal Diamond Princess dinyatakan positif virus korona atau Covid-19. Semuanya telah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit di Jepang.

Baca Juga: Observasi WNI di Pulau Sebaru Menunjukkan Hasil yang Baik 

2 Pasien Baru Positif Korona Berangsur Membaik

Mereka yang terkena virus korona berangsur-angsur mulai pulih. Seorang WNI dinyatakan sembuh sehingga bisa bergabung dengan 68 orang WNI yang dievakuasi oleh pemerintah menggunakan Pesawat Garuda.

Dengan tambahan satu orang yang sudah sembuh, maka total WNI yang dievakuasi berjumlah 69 orang. Saat ini mereka telah tiba di Pulau Sebaru untuk menjalani observasi sebagaimana protokol kesehatan WHO.

Tersisa delapan orang lagi yang masih dirawat di rumah sakit Jepang. Perlahan, tiga WNI dinyatakan sembuh dan kini sudah diperbolehkan pulang ke tanah air. Rinciannya, satu orang sudah tiba di Indonesia dan dua lainnya sedang boarding untuk penerbangan ke tanah air.

"Artinya dari sembilan (positif virus korona) itu sudah ada empat yang kembali ke tanah air," kata Juru Bicara Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Yuri menjelaskan, pemerintah sedang melakukan komunikasi dengan pemerintah Jepang untuk memulangkan lima WNI lainnya yang masih dirawat di rumah sakit di sana. Pasalnya, lima WNI tersebut kondisinya sudah baik dan kemungkinan besar akan dipulangkan.

"Sisa tinggal lima, kami berkomunikasi kembali terakhir yang lima ini kemungkinan besar dalam dua atau tiga hari ke depan juga akan dipulangkan karena kondisinya sudah bagus," ungkap Yuri.

Baca Juga: 287 Orang di Jabar Berstatus Dalam Pemantauan Terkait Virus Korona 

Diketahui, tiga orang WNI yang sempat positif virus korona kini sudah tiba dan sedang dalam perjalanan ke Indonesia. Sedangkan lima lainnya masih di rumah sakit Jepang dan kemungkinan besar akan dipulangkan ke tanah air dalam beberapa hari ke depan. Dengan demikian, total WNI yang dinyatakan sembuh berjumlah delapan orang.

Yuri menambahkan, kedelapan orang WNI tersebut akan diobservasi selama 14 hari di Bapelkes Cikarang. "Kita akan melakukan observasi untuk mereka di Bapelkes Cikarang. Situasinya sudah disiapkan seluruh tim yang melakukan observasi di sana juga sudah kita siapkan," tutupnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini