nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Golkar Petakan Peluang Koalisi dengan Demokrat di Pilkada 2020

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 07 Maret 2020 10:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 07 337 2179607 golkar-petakan-peluang-koalisi-dengan-demokrat-di-pilkada-2020-PeOApsxhAu.jpg Ilustrasi Pilkada 2020 (foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pertemuan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, beberapa hari lalu, salah satunya membahas koalisi di Pilkada 2020.

"Sekarang sedang dipetakan daerah mana saja yang berpotensi koalisi dengan Demokrat," ucap Ketua DPP Golkar, Yahya Zaini saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (7/3/2020).

Baca Juga: Airlangga Tepis Pertemuannya dengan SBY untuk Tarik Dukungan dari Jokowi 

Beberapa daerah yang berpotensi kerja sama dengan Demokrat, antara lain di Pilkada Sumatera Barat, Pilkada Sulawesi Utara dan Pilkada Pacitan.

Ilustrasi (foto: Okezone) 

"Polanya kalau kader Golkar yang surveinya bagus Demokrat dukung calon Golkar. Sebaliknya juga begitu, jika yang kuat calon Demokrat, Golkar dukung Demokrat," ungkap Yahya.

Dikonfirmasi terpisah, Wasekjen Demokrat, Renanda Bachtar mengatakan pertemuan Airlangga dan SBY tak membahas teknis koalisi di Pilkada 2020. Peluang koalisi akan dibicarakan di tingkat daerah.

"Mengenai kemitraan dalam bentuk koalisi antara Demokrat dengan Golkar tidak dibahas teknis malam itu. Akan dibicarakan di tingkat DPD dan DPC wilayah-wilayah yang akan melangsungkan Pilkada," jelas Renan.

Diwartakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama dengan elit partai menemui Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Kamis 5 Maret 2020 malam.

Kabar pertemuan kedua elite partai tersebut dikonfirmasi oleh Waketum Partai Golkar Bidang Media dan Opini, Nurul Arifin. Menurutnya silaturahmi itu dilakukan untuk membahas omnibus law dan juga perihal Pilkada 2020.

Baca Juga: Bertemu Airlangga, Demokrat: Soal 2024 Tunggu Episode Selanjutnya! 

"Pertemuan silaturahmi antara dua ketua umum tersebut membahas beberapa hal, diantaranya penjelasan proses Omnibus Law, dan juga soal Pilkada 2020," ucap Nurul dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jumat 6 Maret 2020.

Menurut Nurul, Partai Golkar dan Demokrat tengah melakukan penjajakan terkait Pilkada tersebut. Tidak menutup kemungkinan keduanya akan berkoalisi di sejumlah daerah.

"Golkar dan Demokrat juga menjajaki koalisi di beberapa daerah dalam Pilkada 2020," tutupnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini