Menko PMK Muhadjir: Virus Korona Akan Kami Atasi dengan Profesional

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 06 Maret 2020 20:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 06 337 2179416 menko-pmk-muhadjir-virus-korona-akan-kami-atasi-dengan-profesional-fbdBbUbZM3.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy saat Meninjau RSUD Syaiful Anwar (foto: Okezone/Avirista Midaada)

KOTA MALANG - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan virus korona atau Covid-19 bisa sembuh kurang lebih 14 hari setelah menjangkiti manusia.

"Bagi orang yang daya tahan tubuhnya kuat. Puncaknya itu 14 hari, kalau penyakitnya menyerah, orang itu akan berhasil sembuh," ujar Muhadjir, saat meninjau RSUD Saiful Anwar, Rabu (6/3/2020).

Baca Juga: Pulau Galang Disiapkan Pemerintah sebagai Opsi Cadangan Tangani Korona 

Ia menjelaskan angka kematian mengenai virus korona ini dinilai masih cukup kecil, tidak sampai 3 persen. "Artinya virus ini, mestinya bisa disikapi dengan cara-cara yang lebih dingin, tidak panik. Justru yang paling berbahaya adalah sikap panik masyarakat terhadap wabah ini," terang mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Oleh sebab itu, Muhadjir mengimbau agar masyarakat Indonesia untuk tidak panik dalam menyikapi virus korona dan yang terpenting, masyarakat Indonesia harus menerapkan pola hidup sehat.

"Virus korona ini akan kami atasi dengan cara-cara yang profesional," tuturnya.

Dia menambahkan, adapun langkah-langkah yang sudah dilakukan pemerintah antara lain penyediaan 132 rumah sakit rujukan penanganan virus korona. Pemerintah juga telah menyiapkan tiga pulau karantina untuk mengantisipasi merebaknya virus korona masuk ke Indonesia.

Ketiga pulau tersebut yaitu, Pulau Natuna, Kepulauan Riau, Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu dan Pulau Galang, Batam.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Virus Korona, Imigrasi Tolak 118 WNA ke Indonesia 

"Pulau Natuna dan Sebaru kan sudah siap untuk digunakan. Kami tambah lagi yaitu Pulau Galang," ucap Muhadjir.

Muhadjir mengungkapkan Presiden Jokowi sudah menginstruksikan Panglima TNI untuk menyiapkan Pulau Galang sebagai tempat karantina wabah virus korona dalam waktu dua minggu.

(fid)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini