Bantu Padamkan Karhutla, Satgas Garuda TNI Diapresiasi Australia

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 06 Maret 2020 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 337 2179249 bantu-padamkan-karhutla-satgas-garuda-tni-diapresiasi-australia-Ku1gQWNboV.jpg Upacara penerimaan Satgas Garuda usai tangani karhutla Australia di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta (Puspen TNI)

JAKARTA – Prajurit TNI dan personel BNPB yang tergabung dalam Satgas Garuda sudah kembali ke Indonesia setelah sebulan membantu operasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Australia. Mereka mendapatkan apresiasi dari pemerintah dan militer Negeri Kangguru.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin upacara penerimaan Satgas Garuda yang telah kembali dari Asutralia di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (6/3/2020).

Hadi mengatakan Perdana Menteri Australia Scott Morrison sudah menyampaikan langsung ucapan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas keterlibatan Satgas Garuda dalam operasi bantuan penanggulangan di negara itu.

Hadi juga menyampaikan rasa bangga karena para prajurit TNI telah melaksanakan tugas dengan baik. Panglima turut memberikan Piagam Penghargaan kepada Satgas Garuda yang telah menunjukkan keberhasilan dalam rangka operasi bantuan penanganan karhutla Australia.

 Ilustrasi

Panglima Angkatan Bersenjata Australia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh personel TNI dan BNPB yang terlibat dalam Satgas Garuda.

Hal yang sama juga disampaikan Duta Besar Australia untuk Indonesia yang menyebutkan bahwa masyarakat Australia sangat menghargai bantuan yang sudah diberikan.

Baca juga: Dilepas Panglima TNI, Satgas Garuda Terbang ke Australia Bantu Tangani Karhutla

Penghargaan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh anggota Satgas karena jerih payah saudara-saudara telah dapat meringankan beban masyarakat Australia dan memperoleh pengakuan dari masyarakat dan Pemerintah Australia. Kebanggaan tersebut hendaknya diiringi dengan tekad kuat untuk terus memberikan yang terbaik dalam setiap pelaksanaan tugas.

Operasi Satgas Garuda dilaksanakan tidak hanya sebagai bentuk kepedulian Indonesia pada bencana yang terjadi di Australia, tetapi juga menunjukkan bahwa kedua negara memiliki hubungan yang sangat erat.

Penguatan hubungan bilateral serta kerja sama semacam ini makin diperlukan mengingat spektrum ancaman yang semakin kompleks dewasa ini memerlukan kerja sama bilateral maupun multilateral.

“Setelah proses administrasi nanti selesai, siapkan diri untuk melaksanakan tugas berikutnya. Pelihara dan tingkatkan motivasi dan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara. Jadikan penugasan ini sebagai pengalaman berharga dalam mengemban berbagai tugas mendatang. Laksanakan pula evaluasi tugas yang telah dilaksanakan dan laporkan hal-hal yang perlu dikembangkan,” kata Panglima TNI dalam amanatnya seperti tertulis dalam siaran pers Puspen TNI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini