nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harun Masiku dan Nurhadi Masih Buron, Ini Kata Ketua KPK

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 05 Maret 2020 13:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 05 337 2178563 harun-masiku-dan-nurhadi-masih-buron-ini-kata-ketua-kpk-ny8BIS8A1U.jpg Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Okezone.com/Harits Tryan)

JAKARTA - Dua tersangka kasus dugaan korupsi, Harun Masiku dan Nurhadi, hingga kini masih buron. Keduanya telah dimasukkan ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan ditetapkan sebagai buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sejak ditetapkan sebagai buronan, KPK maupun Polri belum bisa menangkap Harun Masiku maupun Nurhadi Cs. Terkait hal ini, Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menindaklanjuti informasi yang berkembang.

"Sebagaimana yang selalu kami sampaikan kepada rekan-rekan wartawan, setiap petunjuk itu kita tindaklanjuti, setiap informasi kita ikuti," kata Firli usai menghadiri kegiatan penandatanganan kontrak kinerja pejabat KPK di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2020).

Upaya lain yang dilakukan KPK adalah penggeledahan. Belakangan, KPK memang sudah menggeledah sejumlah lokasi untuk mencari keberadaan tiga tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA), yakni Nurhadi, Rezky Herbiyono dan Hiendra Soenjoto.

Firli Bahuri. (Foto: Harits Tryan/Okezone)

Pihaknya sudah mengajukan izin ke Dewan Pengawas (Dewas) untuk kembali melakukan penggeledahan. Saat ini, pimpinan KPK tinggal menunggu restu dari Dewas untuk kembali menggeledah sejumlah lokasi.

Baca juga: Naikkan IPK Indonesia, KPK Fokus Tangani Korupsi di 4 Sektor Ini

"Kemarin kita sudah melakukan beberapa titik, melakukan penggeledahan, dan kemarin juga ada rencana akan melakukan penggeledahan lagi, tinggal kita tunggu izin dari dewan pengawas. Nanti kita akan konfirmasi lagi," ucapnya.

Menurut Firli, pihaknya sama sekali tidak dipersulit oleh Dewas soal proses perizinan. Sayangnya, Firli masih enggan mengungkap untuk kasus yang mana penggeledahan akan dilakukan dalam waktu dekat. Intinya, ditekankan Firli, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk memburu para buronan tersebut.

"Saya tidak ingin masuk dalam kasus-kasus, tapi yang pasti, seluruh DPO itu tetap kita lakukan pengejaran dan caranya bermacam-macam, baik itu melakukan penyelidikan tertutup maupun dengan cara penggeledahan," kata dia.

Harun Masiku merupakan mantan Caleg asal PDIP yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR oleh KPK. Ia lolos dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada 8-9 Januari 2020 dan telah ditetapkan sebagai buronan KPK.

Sedangkan mantan Sekretaris mA, Nurhadi, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pengurusan perkara di MA bersama dua orang lainnya yakni, menantu Nurhadi, Rezky Herbiono; dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT), Hiendra Soenjoto. Ketiga tersangka itu juga telah ditetapkan sebagai buronan KPK.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini