nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Naikkan IPK Indonesia, KPK Fokus Tangani Korupsi di 4 Sektor Ini

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 12:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 05 337 2178531 naikkan-ipk-indonesia-kpk-fokus-tangani-korupsi-di-4-sektor-ini-R8BiDn6eSd.jpg Gedung KPK. (Foto: Okezone.com/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron membeberkan empat fokus lembaganya dalam meningkatkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia, selama empat tahun ke depan. Fokusnya adalah pemberantasan korupsi di sektor bisnis, politik, Aparat Penegak Hukum (APH) serta pelayanan publik.

"KPK tetapkan empat fokus area KPK, yaitu korupsi di sektor bisnis, korupsi di sektor politik, korupsi yang dilakukan APH, dan korupsi pada pelayanan publik," kata Ghufron saat menghadiri kegiatan penandatanganan kontrak kinerja pejabat KPK di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2020).

Upaya pemberantasan korupsi di empat sektor tersebut, difokuskan pimpinan KPK untuk meningkatkan IPK hingga akhir masa jabatannya. Ghufron berharap IPK Indonesia bisa meningkat menjadi 45 pada 2024.

Gedung KPK. (Foto: Okezone.com/Arie Dwi Satrio)

Baca juga: Ditanya Tak Ada Lagi OTT, Ketua KPK: Kami Masih Fokus Lakukan Penyelidikan

"Maka KPK mendorong indeks itu lebih tinggi, sehingga berkontribusi pada capaian CPI menjadi 45 di tahun 2024 nanti," ujarnya.

Kendati telah memfokuskan empat area penanganan korupsi hingga 2024, KPK juga akan tetap berpacu pada lima kebijakan presiden dalam menjalankan tugasnya.

"Lima kebijakan itu yakni pembangunan SDM, infrastruktur, penyederhanaan regulasi termasuk di dalamnya Omnibus Law, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi," ujar Ghufron.

Sekadar informasi, Indonesia mendapat skor IPK 40 pada 2019. Angka itu naik dua peringkat dari tahun sebelumnya yakni 38. Dengan demikian, Indonesia bertengger di ranking 85 dari 180 negara yang disurvei oleh organisasi antikorupsi global itu.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini