nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selidiki Kasus di Jember, 3 Anggota KPK Sempat Digelandang ke Kantor Polisi

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 04 Maret 2020 18:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 04 337 2178203 selidiki-kasus-di-jember-3-anggota-kpk-sempat-digelandang-ke-kantor-polisi-nXXWpS5kt4.jpg Gedung KPK (Foto: Okezone/Puteranegara Batubara)

JAKARTA - Sebanyak tiga anggota tim penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat digelandang ke kantor polisi saat sedang menyelidiki sebuah kasus di daerah Desa Sukowono, Jember, Jawa Timur. Tiga anggota KPK itu dibawa warga ke Mapolsek Sukowono. 

Warga daerah tersebut mengira tiga anggota KPK itu adalah penculik. Kejadian itu diamini Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron. Menurut Ghufron, kejadian tersebut terjadi pada pertengahan Februari 2020.

"Itu sudah kejadian lama, sudah sekitar dua minggu lalu," kata Ghufron saat menghadiri sebuah acara di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020).

Baca Juga: Diduga Langgar Kode Etik, Pimpinan KPK Dilaporkan ke Dewan Pengawas

Menurut Ghufron, insiden kejadian itu hanya sebuah kesalahpahaman. Tiga anak buahnya itu memang sedang melakukan penyelidikan tertutup di Jember sehingga merahasiakan identitasnya. Namun saat itu, terdapat pihak yang salah mengira bahwa ketiganya adalah penculik.

"Pada saat itu memang ya namanya menggunakan sistem penyelidikan tertutup, petugas kami tidak menunjukkan identitas sebagai KPK karena memang silent," ujarnya.

KPK 

Setelah dikira penculik, tiga anggota KPK itu kemudian dibawa warga ke Mapolsek Sukowono. Setelah dijelaskan bahwa tiga anggota KPK itu sedang melakukan penyelidikan tertutup, pihak kepolisian kemudian membebaskan ketiganya.

"Ternyata begitu setelah sampai di Mapolsek Sukowono, kemudian baru dijelaskan dan ya memang sempat di bawa ke Mapolsek. Namun, tidak ada pengeroyokan, tidak ada apa-apa, tim kami tidak ada yang mengalami apa-apa," ungkapnya.

Baca Juga: KPK Tolak Keberatan Kompol Rossa soal Pemulangannya ke Polri

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini