Pemerintah Siapkan RS Khusus Penyakit Menular di Pulau Galang

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 03 Maret 2020 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 337 2177571 pemerintah-siapkan-rs-khusus-penyakit-menular-di-pulau-galang-9qRj7KeXd2.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Pemerintah akan merenovasi bangunan untuk dijadikan rumah sakit khusus penyakit menular di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Proses renovasi dipastikan dalam waktu cepat mengingat virus korona (Covid-19) telah masuk ke Indonesia.

"Karena fasilitas itu sudah ada, tapi sudah lama tidak digunakan, maka akan direnovasi dalam waktu yang sangat cepat," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Jokowi ingin rumah sakit khusus penyakit menular itu segera direnovasi sehingga proses karantina terhadap mereka yang terinfeksi suatu virus, tidak terpusat di satu tempat saja, misalnya di Pulau Sebaru atau Natuna.

 Baca juga: Presiden Jokowi: Stok Masker 50 Juta, Jangan Coba-Coba Menimbun!

"Kita memiliki Pulau Galang, di Natuna, sehingga ada pilihan-pilihan, tidak semua harus dibawa ke satu tempat di Pulau Sebaru," jelasnya.

Jokowi ingin ada kecepatan untuk menangani infeksi penyakit menular. Oleh sebab itu, fasilitas yang mendukung penanganan tersebut harus direalisasikan.

"Karena memang kita ingin ada kecepatan, saya ingin ada fasilitas yang memang betul-betul siap setiap saat dan tidak hanya tergantung," tuturnya.

 Baca juga: Presiden Jokowi: Stok Masker di Dalam Negeri Ada 50 Juta

"Negara kita ini sangat luas sekali sehingga kita harapkan pada titik-titik tertentu kita memiliki meskipun saya harus sampaikan setiap daerah ada 132 rumah sakit yang siap dengan fasilitas isolasi, tapi kita juga perlu seperti yang di pulau Sebaru, pulau Galang untuk persiapan," tambah Jokowi.

Terpisah, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono memastikan proyek renovasi rumah sakit khusus penyakit menular itu segera dimulai. Keputusan renovasi RS tersebut baru diputuskan tadi saat rapat yang dipimpin Presiden Jokowi.

"(Start) besok, kelihatan urgensinya. (Diputuskan) tadi," imbuhnya.

Basuki menuturkan, pemerintah menyiapkan rumah sakit khusus di Pulau Galang demi alasan kemudahan. Pasalnya, jika karantina dilakukan di Pulau Sebaru, ombaknya sangat besar dan alasan pertimbangan lainnya.

"(Di Pulau Galang) karena transport itu lebih mudah, kalau di Sebaru kalau malam atau ombak besar itu susah," tutup Basuki.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini