nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Ancam Pidanakan Penyebar Hoaks Virus Korona

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 03 337 2177560 polri-ancam-pidanakan-penyebar-hoaks-virus-korona-7gegI20Pif.jpg Kabag Penum Polri, Kombes Asep Adi Saputra (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Mabes Polri melakukan antisipasi pencegahan penyebaran berita bohong, atau hoax di tengah masyarakat menyusul terjangkitnya warga Depok dengan virus korona jenis baru (Covid-19) di wilayah RI.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, saat ini pihaknya telah meningkatkan patroli siber virus korona. Jika ditemukan polisi tak segan untuk mempidanakan pelaku.

"Kepolisian tidak ragu untuk melakukan penegakan hukum mengingat hoax terkait virus corona sangat berdampak negatif di masyarakat," kata Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2020).

 Baca juga: Presiden Jokowi: Stok Masker di Dalam Negeri Ada 50 Juta

Asep juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu memastikan informasi yang didapat dengan mencari informasi lain. Dengan begitu diharapkan bisa terhindar dari kabar bohong tersebut dan tidak menyebarkan informasi secara sembarangan.

"Masyarakat diimbau untuk dapat bijak dalam menggunakan media sosial, jangan mudah percaya dengan suatu pemberitaan yang kemudian langsung disebarkan kepada orang lain," tuturnya.

 Baca juga: Mahfud MD Minta Pemda Jangan Dramatisir Isu Wabah Korona

Ia menambahkan, penyebaran informasi yang belum bisa dipertanggungjawabkan sangat berdampak buruk bagi masyarakat. Hal itu bisa menimbulkan kepanikan dan merugikan orang banyak.

"Karena ketenangan masyarakat saat ini sangat dibutuhkan, terutama dalam hal pemberitaan. Ikuti semua anjuran dan saran dari pemerintah," tambahnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini