2 WNI Kena Korona, Masyarakat Diimbau Tak Belanja Berlebihan

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 02 Maret 2020 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 337 2177049 2-wni-kena-korona-masyarakat-diimbau-tak-belanja-berlebihan-v3zpugqUPx.JPG Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Pemerintah mengimbau masyarakat tidak perlu memborong keperluan rumah tangga atau sembako secara berlebihan, pasca-dua orang warga Depok terinfeksi virus korona atau Covid-19. Masyarakat diminta tidak panik.

"Saya minta masyarakat tenang, enggak ada ini, enggak ada ini. Jangan dipergawat ini, semuanya supaya berjalan seperti biasa. Termasuk belanja jangan berlebih-lebihan," kata Menko PMK Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/3/2020).

Muhadjir mengatakan, dalam kondisi seperti ini diperlukan ketenangan dan kehati-hatian. Pemerintah memastikan akan menangani virus korona dengan baik.

"Diperlukan ketenangan, kehati-hatian dan juga tidak grasak grusuk," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko mengatakan aparat kepolisian akan bersiaga untuk mengantisipasi masyarakat yang berlebihan dalam berbelanja.

"Nanti Kapolri supaya menurunkan anggotanya untuk ikut membatasi masyarakat melakukan hal yang berlebihan seperti itu," ucap Moeldoko.

Baca Juga: Korona Masuk Indonesia, Ganjar Pranowo: Jangan Panik, Tetap Beraktivitas Biasa

Pemerintah, kata Moeldoko, akan memastikan ketersediaan sembako untuk masyarakat. Hingga kini terpantau aman. "Ya nanti pasti akan ditinjau," imbuh dia.

Seperti diketahui, warga diberitakan ramai-ramai memborong kebutuhan rumah tangga, sembako hingga perlengkapan lainnya pasca dua warga Depok terinfeksi virus korona.

Salah satu perlengkapan yang diburu masyarakat adalah masker. Harga masker terpantau melambung tinggi atau naik ratusan persen dari harga asalnya.

Saat ini, dua orang yang terinfeksi virus korona telah diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso. Keduanya diduga tertular penyakit ini setelah berinteraksi dengan warga Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini