Kronologi 2 WNI Positif Virus Korona Usai Bertemu Warga Jepang

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 02 Maret 2020 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 337 2176794 begini-kronologi-2-wni-positif-virus-korona-usai-bertemu-warga-jepang-ZjrXVrsOj8.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto membeberkan kronologi dua orang warga negara Indonesia (WNI), yang tertular virus korona atau Covid-2019 dari warga Jepang.

Terawan mengungkapkan, warga Jepang itu tinggal di Malaysia. Lalu ia melakukan perjalanan ke Indonesia untuk bertemu temannya di daerah Depok.

Setelah itu, warga Jepang tersebut pulang ke Malaysia karena sakit. Setelah diperiksa, ia dinyatakan positif terjangkit virus korona.

"Setelah beberapa hari sakit maka di cek, dikatakan Covid-19 positif," kata Terawan di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/3/2020).

 Baca juga: 2 WNI Positif Korona, DPR Minta Pemerintah Siapkan Seluruh Protokol

Pihak Malaysia kemudian menghubungi Indonesia, karena WN Jepang tersebut baru pergi ke Tanah Air. Pemerintah kemudian melakukan penelusuran WN Jepang itu bertemu siapa di Indonesia.

Setelah itu, didapati fakta bahwa WN Jepang itu bertemu dua warga Indonesia di Depok. Keduanya juga dinyatakan terkena virus korona. Mereka adalah seorang ibu dan anak masing-masing berusia 64 tahun dan 31 tahun.

"Pemerintah Malayasia menghubungi kita dan kita tracking siapa saja yang kontak dengan pasien. Begitu kita tindaklanjuti, kita dapat orangnya," jelas Terawan.

 Baca juga: Dinkes DKI Jakarta Pastikan 32 Orang yang Diawasi Negatif Virus Korona

Kini, kedua WNI itu telah diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara, guna mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sedangkan rumah mereka di Depok dilakukan sterilisasi agar penyakit tersebut tak menular. (wal)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini