nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 WNI Positif Korona, DPR: Kemenkes Harus Terbitkan Surat Interuksi Screening di Puskesmas

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 12:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 02 337 2176786 2-wni-positif-korona-dpr-kemenkes-harus-terbitkan-surat-interuksi-screening-di-puskesmas-kP2MOQLpMM.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati meminta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk menerbitkan surat interuksi agar dilakukan screening di tingkat puskesmas. Hal itu menyusul adanya dua warga Indonesia yang terjangkit virus Covid-19 atau virus korona.

"Proses screening harus dilakukan di semua puskesmas di semua rumah sakit. Untuk mendeteksi apakah ada lagi yang positif covid-19. Itu kan bisa dikeluarkan surat perintah dari menteri kepada seluruh unit layanan kesehatan," kata Kurniasih kepada wartawan, Senin (2/3/2020).

 Baca juga: Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah Sangat Serius Tangani 2 WNI Positif Korona

Menurutnya, proses screening terhadap masyarakat penting dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Selain itu masyarakat juga harus diimbau agar melaporkan setiap gejala yang mirip dengan korona.

"Harus melakukan proses screening terhadap pasien yang ada di situ. Mungkin melalui masyarakat, masyarakat harus diimbau ketika menemukan gejala-gejala harus melaporkan ke unit layanan terdekat. Saya kira ini harus segera dilakukan," terangnya.

 Baca juga: 2 WNI Positif Korona Diisolasi di RS Sulianti Saroso

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengkonfirmasi ada dua warga Indonesia positif terinfeksi virus korona (COVID-19). “Orang yang terkena virus korona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” ujar Presiden Jokowi, Senin (2/3/2020).

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini