Polisi Duga Pegawai Batan Sudah Lama Simpan Radioaktif

Puteranegara Batubara, Okezone · Minggu 01 Maret 2020 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 01 337 2176508 polisi-duga-pegawai-batan-sudah-lama-simpan-radioaktif-UT9UNNEVGV.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra mengungkapkan bahwa polisi menduga bahwa Pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) SM, sudah lama menyimpan zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel).

Selain menyimpan, Asep menyebut bahwa SM dalam hal ini juga disinyalir kuat melakukan penawaran jasa Dekontaminasi.

"Sementara kami menduga praktek ini sudah dilakukan cukup lama," kata Asep, Jakarta, Minggu (1/3/2020).

Asep menjelaskan, dugaan itu muncul lantaran saat diketemukan zat tersebut telah menurun tingkat radiasinya. Sehingga untuk sementara diduga penyimpanan itu telah lama dilakukan SM.

"Indikasinya, kata Pak Dudit (Sekretaris Utama Bapeten Hendrianto Hadi Tjahyono), bahwa diketemukan zat radioaktif itu sudah mulai menurun radiasinya. kan sifat radioaktif itu luruh, maksudnya lama-lama dia berkurang radiasinya. itu menandakan bahwa barang itu sudah lama di rumah," papar Asep.

Baca Juga: Simpan Zat Radioaktif, Pegawai Batan Diduga Tawarkan Jasa Dekontaminasi

Meskipun begitu, Asep belum bisa memastikan berapa lama zat tersebut sudah disimpan dan disalahgunakan peruntukannya oleh SM. Menurutnya, hal itu diperlukan pendalaman lebih lanjut.

"Kurun waktunya belum bisa kami tentukan tetapi dari mekanisme kerja yang ada dan praktik yang dilakukan kami menduga seperti itu," tutup Asep.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini