nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berikut Peristiwa Terpopuler Pekan Ini

Alfina Nuraini, Jurnalis · Minggu 01 Maret 2020 10:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 01 337 2176374 berikut-peristiwa-terpopuler-pekan-ini-OoTVObTmBt.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Serangkaian peristiwa terjadi dalam sepekan terakhir ini, seperti proses evakuasi 188 WNI dari Kapal World Dream secara dramatis menggunakan kapal perang milik TNI Angkatan Laut.

Lalu, keputusan pemerintah Arab Saudi yang penghentian sementara umrah, yang juga berdampak ke jamaah di Tanah Air. Ribuan orang terpaksa tertunda keberangkatannya.

Awal pekan ini, cuaca ekstrem juga mengakibatkan banjir di sejumlah daerah termasuk Jakarta dan sekitarnya.

Berikut 7 peristiwa yang menyita perhatian warga Indonesia selama seminggu ini yang dirangkum Okezone:

1. Evakuasi WNI

Sebanyak 188 WNI berhasil dievakuasi dari kapal pesiar World Dream di perairan Durian, Kepulauan Riau menggunakan KRI Soeharso 990. Proses evakuasi sejak Rabu lalu. Mereka kemudian dibawa ke Pulau Sebaru, Kepulauan Riau, Jumat (28/2/2020), untuk diobservasi dari virus korona atau Covid-19 selama 14 hari. Namun mereka semuanya dinyatakan bebas korona.

Jumat kemarin, pemerintah juga sudah mengirimkan tim ke Jepang untuk mengevakuasi 68 WNI awak kapal pesiar Diamond Princess yang tertahan di Yokohama karena virus korona.

Ke 68 WNI itu diperkirakan tiba di Indonesia, Minggu 1 Maret besok. Mereka akan diobservasi juga di Pulau Sebaru.

2. Moratorium Umrah

Keputusan Arab Saudi menutup sementara jalur ibadah umrah per Kamis 27 Februari 2020, karena khawatir dengan virus korona berdampak pada jamaah di Indonesia. Ada ribuan calon jamaah umrah dari Tanah Air tak bisa berangkat ke Tanah Suci.

Sebagian di antaranya bahkan sudah terbang meninggalkan Indonesia, tapi terpaksa harus kembali karena Arab Saudi tak mau menerima lagi jamaah dari luar. Banyak juga yang telantar di bandara karena sudah siap take off, tiba-tiba muncul larangan tersebut.

Pemerintah sudah menutup sementara penerbangan ke Arab Saudi. Sementara DPR RI dan beberapa pihak lain meminta pemerintah untuk melobi Arab Saudi agar membuka lagi jalur umrah untuk jamaah dari Indonesia. Caranya meyakinkan pemerintah Saudi bahwa Indonesia masih bebas dari virus korona.

3. Dana Rp72 miliar untuk Influencer

Pemerintah berencana mengeluarkan anggaran Rp72 miliar untuk mendukung pariwisata Indonesia. Dana itu salah satunya akan dialokasikan untuk membiayai influencer internasional untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Diantaranya dari Amerika Serikat, Australia, Erope, India, dan Timur Tengah.

Selain untuk influencer, dana tersebut juga digunakan untuk mempromosikan frame trip, pengenalan destinasi wisata.

“Ini yang Rp72 miliar itu bukan untuk influencer saja, ada banyak komponen promosi. Jadi, Rp72 miliar itu untuk promosi, frame trip, untuk pengenalan destinasi wisata. Salah satunya influencer,” kata Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

4. Isu KPAI wanita bisa hamil dikolam renang

Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty menuai kontroversi setelah mengeluarkan pernyataan perempuan bisa hamil di kolam renang. Dalam klarifikasinya Sitti mengaku, pernyataannya yang berujung kontroversi tersebut adalah statement pribadi, bukan mewakili KPAI.

" Saya meminta maaf kepada publik karena memberikan statement yang tidak tepat," kata Sitti Hikmawatty, Komisioner KPAI, dalam keterangan tertulis, Minggu (23/2/2020).

Sebelum Sitti mengklarifikasi, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto memberikan klarifikasi terlebih dahulu terkait hal tersebut.

"Perlu kami sampaikan bahwa pemahaman dan sikap KPAI tidak sebagaimana narasi berita di media online tersebut," kata Susanto, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (22/2/2020).

5. Pasien RS Kariadi Suspect Korona

Terdapat 8 pasien diduga terpapar virus korona di RSUP dr Kariadi Kota Semarang, Jawa Tengah. Satu diantaranya meninggal dunia. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa pasien yang meninggal di RSUP Kariadi Semarang karena virus H1NI, bukan virus korona.

Selain itu, Balitbangkes juga menepis dugaan tersebut dengan membuktikan melalui hasil pemeriksaan tidak terbukti disebabkan oleh virus korona. Hal itu dipicu infeksi paru-paru cukup banyak berupa virus, bakterial, jamur, atau makhluk hidup lainnya. Penyakit itu disebut Bronkopneumonia yang mengakibatkan radang paru-paru.

Saat dimakamkan, tubuh jenazah dibungkus plastik untuk memastikan agar tidak menular ke keluarganya.

6. Penangkapan Vitalia Shesya

Model seksi Vitalia Shesya ditangkap polisi terkait kasus narkoba di salah satu apartemen di kawasan Pademangan, Jakarta, pada 26 Februari 2020. Polisi turut mengamankan satu orang lainnya yang diduga kekasihnya. Dari hasil penangkapan, polisi mengamankan barang bukti satu plastik kecil sabu seberat 0,63 gram lengkap dengan alat hisapnya, serta 4 butir pil Happy Five. Dari pelaku yang memasok narkotika untuk Vitalia berinisial RH, polisi mengamankan 10 butir narkotika jenis ekstasi serta 30 butir pil Happy Five.

Selain itu, faktanya Vitalia sudah empat bulan mengkonsumsi narkoba saat tertangkap. Menurut keterangan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Vitalia aktif mengkonsumsi ekstasi dan sabu. Berdasarkan pengakuannya, Vitalia Shesya mengaku baru sekali menggunakan sabu.

7. Banjir di Jakarta

Banjir yang melanda DKI Jakarta 23-24 Februari 2020. Wilayah yang terdampak yakni Jabodetabek dan Karawang. Titik pengungsian warga terbanyak di ada wilayah Jakarta Timur dengan 36 titik. Kemudian, Jakarta Utara 26 titik, Karawang 11, Jakarta Barat 8, Kota Tangerang 3, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi dengan masing-masing 2 titik. Di wilayah DKI Jakrta yakni Jakarta Selatan (8 kelurahan), Jakarta Utara (5 kelurahan dan 20 orang pengungsi), dan Jakarta Barat (5 kelurahan).

Hal ini sempat mengakibatkan Kompleks Istana Kepresidenan di Gambir, Jakarta Pusat, tergenang, pada Senin (24/2/2020). Peristiwa ini tentunya sangat berpengaruh bagi perekonomian warga yang terdampak terutama tempat tinggal mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini