Menkes Ingatkan Masyarakat Hidup Sehat untuk Cegah Penyakit Menular

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 29 Februari 2020 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 29 337 2175942 menkes-ingatkan-masyarakat-hidup-sehat-untuk-cegah-penyakit-menular-ifn3yqGPmR.jpg Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

KOTA MALANG – Sejumlah penyakit endemik yang perlu diwaspadai berkembang pada awal 2020 dicatat oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Hingga minggu kesembilan tahun 2020 ada lima penyakit yang diwaspadai, mulai demam berdarah, antraks, difteri, pertusis, dan di dunia mendengar Covid-19 (virus korona) itu juga hal yang harus diwaspadai," ucap Terawan saat berada di Kota Malang, Jumat 28 Februari 2020.

Dari sanalah, menurut dia, diperlukan upaya pencegahan, salah satunya dengan hidup sehat, mulai mengawali mencuci tangan sebelum makan. Terkait penggunaan masker yang menjadi alternatif, Terawan menyatakan tidak perlu bila masih dalam kondisi sehat.

"Saya sudah konfirmasi yang pakai masker itu yang sakit. Cara mencegah paling baik hanya cuci tangan. Kedua, meningkatkan imunitas tubuh kita dengan cara apa, ya dengan cara berpikir positif, olahraga ringan, makan makanan yang baik, bergizi, dan cukup, istirahat yang cukup," jelas pria berusia 56 tahun ini.

Ia mengatakan, sejumlah wabah penyakit endemik ini membuat Kementerian Kesehatan mencanangkan ketahanan kesehatan nasional.

"Ketahanan kesehatan nasional dimulai dari ketahanan pribadi kita di dalam menyikapi adanya tekanan-tekanan informasi, supaya kita pribadi tidak salah di dalam mengambil keputusan supaya tidak inefisien."

Terawan mengingatkan masyarakat Indonesia tidak perlu takut menghadapi sejumlah penyakit yang mewabah pada 2020. Meski demikian, pria asal Yogyakarta ini tetap meminta masyarakat harus waspada.

"Kita mau menghadapi peperangan yang besar, (menghadapi penyakit menular) jangan menghabiskan tenaganya di awal, nanti di akhir tenaganya habis dan jangan takut kesiapan sudah kita lakukan," tuturnya.

Sebagai informasi, Indonesia saat ini masih menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang belum terdampak virus korona atau Covid-19.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini