nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dunia Internasional Ragu Indonesia Lolos dari Covid-19, Ini Komentar Menkes Terawan

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 22:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 28 337 2175882 dunia-internasional-ragu-indonesia-lolos-dari-covid-19-ini-komentar-menkes-terawan-jdlDeiSuzE.jpeg Menkes Terawan saat di Malang (Foto: Okezone/Avirista)

KOTA MALANG - Indonesia masih steril dari mewabahnya virus korona. Hal tersebut disebut Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto bukan suatu kebetulan belaka, meskipun hal itu disorot dunia internasional yang seolah ragu dengan antisipasi di Indonesia.

Menkes Terawan mengatakan bahwa Indonesia sudah sejak 2007 mempersiapkan diri menghadapi ketahanan penyakit endemik. Bahkan telah dinilai WHO layak dengan mempunyai langkah-langkah dan sarana prasarana memadai.

“Kita ini diejek kanan kiri sudah kena, kok kita (Indonesia) tidak kena sendiri. Itu berkah dari Maha Kuasa, tapi kita juga ikuti kaidah-kaidah yang ada sesuai yang diprogramkan WHO,” tutur Terawan saat memberikan kuliah tamu di Universitas Brawijaya, Jumat (28/2/2020).

Menurutnya, Indonesia telah menjalankan rekomendasi WHO dengan meningkatkan kapasitas pemeriksaan di 132 pintu masuk internasional, baik darat, udara, dan laut.

“Kita ini punya 132 pintu masuk yang terkoneksi dengan luar negeri baik dari darat, laut, dan udara. Itu terbanyak dari negara-negara di dunia. Ini semua ditingkatkan, bahkan KKP saya minta tingkatkan kapasitas pemeriksaan mengantisipasi adanya penularan antar-negara,” jelasnya.

Baca Juga: Menkes Terawan Tekankan Pentingnya Ketahanan Kesehatan Nasional Hadapi Covid-19

Terawan mengaku heran kalau ada negara lain yang meremahkan Indonesia dalam menangkal bahaya covid 19 padahal Indonesia telah memiliki alat dan prosedur mengacu pada standar WHO.

“Kita ini menggunakan petunjuk, langkah, dan alat dari WHO yang sudah standar internasional. Ini semua kan ada akreditasnya, tentu pasti ada skor penilaiannya. Otomatis kita sudah diberi tahu kelemahan dan kita sudah berusaha menguatkan itu,” terangnya.

Ia menambahkan kalau ada yang tanya kenapa Indonesia belum terkena covid 19 atau virus korona, Terawan meminta silakan mengecek bagaimana penanganan prosedur-prosedur yang dilakukan kementeriannya, termasuk melihat sejauh mana sarana prasarana yang cukup memadai.

“Kita punya Balitbankes, silakan datang silakan lihat. WHO datang saya buka, silakan dilihat. Bagaimana KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan), saya buka 24 jam bagaimana kerja mereka silakan lihat. Kita siap karena mereka (KKP) jadi garda terdepan. Ini perjuangan bersama,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini