nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Doa Petugas Observasi WNI di Pulau Sebaru: Semoga Indonesia Terhindar dari Virus Korona

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 22:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 28 337 2175879 doa-petugas-observasi-wni-di-pulau-sebaru-semoga-indonesia-terhindar-dari-virus-korona-fJE9K5lGeQ.JPG Salat Jumat di Pulau Sebaru (Foto: BNPB)

JAKARTA - 188 Warga Negara Indonesia (WNI) tiba di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu untuk menjalankan serangkaian observasi setelah dievakuasi dari Kapal Pesiar Dream World, Jumat (28/2/2020).

Para petugas baik dari jajaran Kementerian, TNI, BNPB hingga tenaga ahli telah tiba sejak Jumat pagi. Mereka bahkan sempat melakukan ibadah salat Jumat di pulau tersebut.

Bertindak sebagai Khatib Menko PMK Prof Dr Muhadjir Effendi. Kehadiran Menko PMK di Pulau Sebaru Kecil didampingi Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, Pangkogabwilhan 1 Letjen Yudo dalam rangka misi kemanusiaan menjemput WNI dari kapal World Dream untuk mengikuti observasi terkait kasus virus corona.

Baca Juga: 188 WNI Awak Kapal World Dream Tiba di Pulau Sebaru untuk Diobservasi Covid-19

Staf Khusus Kepala BNPB, Egy Massadiah mengungkapkan bahwa banyak doa yang teriring dari petugas untuk kesuksesan observasi ini.

"Pada hamparan pasir putih, dikelilingi beningnya laut kepulauan seribu, di atas sehelai sajadah kami semua berdoa kiranya tugas kemanusiaan ini berjalan lancar. Para peserta observasi, para tenaga pendukung serta semua rakyat Indonesia terhindar dari paparan virus korona," jelas Egy Massadiah dari Pulau Seribu dalam keterangan tertulis kepada Okezone, Jumat (28/2/2020).

Seperti diketahui, sebanyak 188 WNI awak Kapal Pesiar World Dream tiba di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu. Mereka akan langsung dikarantina dan diobservasi selama 14 hari guna mengantisipasi penularan virus korona atau Covid-19.

Kemenkes menyatakan observasi terhadap 188 awak Kapal Pesiar World Dream tersebut lebih ketat dalam segi pengawasannya ketimbang observasi ratusan WNI dari Wuhan di Natuna sebelumnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mempersiapkan lahan di Pulau Sebaru Kecil untuk observasi awak Kapal Pesiar World Dream. Ratusan WNI itu akan menjalani observasi selama 14 hari sebelum dipulangkan ke tempat tinggal masing-masing.

Fasilitas Pulau Sebaru Kecil lebih lengkap ketimbang Natuna untuk observasi ratusan WNI. Pulau Sebaru Kecil dilengkapi dengan rumah-rumah yang cukup untuk menampung 200 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini