nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

68 WNI Awak Kapal Diamond Princess Akan Dievakuasi, 2 Lainnya Memilih Tinggal

Isty Maulidya, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 17:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 28 337 2175730 68-wni-awak-kapal-diamond-princess-akan-dievakuasi-2-lainnya-memilih-tinggal-LN4FPfYUae.jpeg Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (foto: Okezone)

TANGERANG - Warga Negara Indonesia yang bekerja sebagai awak kapal pesiar Diamond Princess akan segera dijemput oleh tim evakuasi menggunakan pesawat Garuda Airbus 330. Namun, dua WNI ingin tetap tinggal dan menolak pulang meskipun dinyatakan negatif dari virus korona (Covid-19).

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menjelaskan bahwa mereka menolak dievakuasi karena memilih melanjutkan pekerjaan mereka di kapal tersebut. Sehingga, WNI yang dipastikan pulang berjumlah 68 WNI dari total 70 WNI yang sehat.

Baca Juga: Kapan Kami Dijemput? Kepulangan WNI di Kapal Diamond Princess Belum Jelas

Kapal Pesiar Diamond Princess - Business Inside	 

"Sebanyak 68 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess akan dipulangkan. Sementara dua lainnya menyatakan mereka ingin melanjutkan pekerjaan di kapal tersebut, sehingga memutuskan untuk tidak ikut pulang" ujarnya di ruang VIP Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (28/02/2020).

Menlu juga menegaskan bahwa 8 WNI lainnya yang dinyatakan positif virus korona (Covid-19) hingga saat ini masih tersebar di berbagai rumah sakit di Jepang untuk mendapatkan perawatan intensif.

"Bahwa masih terdapat delapan Warga Negara Indonesia yang saat ini sedang dirawat di beberapa rumah sakit di Jepang. Kita tentunya mendoakan agar mereka segera dapat pulih," jelasnya.

Saat ini pemerintah Indonesia sudah mengirimkan 23 anggota evakuasi yang akan berangkat ke Yokohama, Jepang untuk menjemput WNI yang bekerja sebagai awak kapal Diamond Princess.

Tim tersebut berangkat menggunakan maskapai Garuda Indonesia Airbus 330 pada hari ini, pukul 16.00 WIB, dan tiba esok hari di Haneda Airport pukul 01.00 waktu setempat. Tim beserta WNI yang berhasil dievakuasi akan kembali ke Tanah Air pada Minggu 1 Maret 2020 tengah malam.

Baca Juga: WNI di Diamond Princess Merasa Dibunuh Pelan-Pelan, Menkes Kirim Tim Trauma Healing

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini