Polri Luncurkan Pembuatan SIM Internasional Online, Berlaku di 188 Negara

Achmad Fardiansyah , Okezone · Jum'at 28 Februari 2020 15:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 28 337 2175591 polri-luncurkan-pembuatan-sim-internasional-online-berlaku-di-188-negara-47Du9ClVxD.jpg Kakorlantas Polri, Irjen Istiono saat meluncurkan sistem pembuatan SIM internasional secara online. (Foto: Okezone.com/Achmad F)

JAKARTA - Korlantas Mabes Polri meluncurkan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) internasional secara online. SIM internasional itu diperuntukkan warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA). SIM internasional ini berlaku di 188 negara.

"Hari ini kita melaksanakan peresmian SIM online internasional, ini salah satu bentuk peningkatan pelayanan publik kita yang berbasis IT, terus menerus kita melakukan pelayanan publik yang menjadi kebijakan lembaga Polri untuk selalu meningkatkan layanan publik, melayani masyarakat yang mudah cepat dan tidak mengindahkan aspek keamanan," kata Kakorlantas Polri, Irjen Istiono kepada wartawan, Jumat (28/2/2020).

Istiono menjelaskan, pembuatan SIM Internasional online mudah dilakukan. Para peserta cukup mengisi formulir yang tersedia di sim.korlantas.polri.go.id

"Tentunya SIM online internasional ini lebih mudah. Kenapa? Karena bisa registrasi di rumah saja, tidak perlu datang ke sini, kemudian datang tinggal melengkapi administrasi, foto selesai, 3 menit selesai," ucapnya.

Kakorlantas Polri, Irjen Istiono. (Foto: Okezone.com/Achmad F)

Adapun syarat pembuatan SIM internasional online adalah wajib memiliki KTP dan SIM lokal. "Syaratnya pemohon harus ada SIM lokal dan KTP asli, makanya kita kerja sama dengan Dukcapil, Kemendagri, Imigrasi dan BRI. Dengan penguatan kelembagaan ini, suatu hal yang harus kita lakukan ini lebih mudah," ucapnya.

Biaya pembuatan SIM internasional adalah Rp 250 ribu, sedangkan perpanjangan sebesar Rp220 ribu, yang dibayarkan langsung ke bank.

Baca juga: Hendak Menjaring Ikan, Nelayan Temukan Mayat Mengapung di Sungai

"Biaya SIM internasional itu Rp250 ribu sesuai SPMBP, untuk perpanjang SIM internasional Rp220 ribu sesuai, tarif semua tertera di sini. Dia online, terus langsung bayar di bank, langsung aktivitas di situ, tinggal administrasinya saja," ujarnya.

Ditambahkan Istiono, SIM internasional ini berlaku di 188 negara yang sudah berkerjasama dengan Polri. "Enggak cuma ASEAN, tidak yah. Jadi seluruh dunia, sudah 188 kita lakukan kerja sama itu. Berdasarkan Konvensi WINA dan kemarin juga hasil rapat dengan di ASEAN juga disinggung masalah itu, khusus ASEAN sudah kerja sama semuanya, termasuk di dunia 188 negara itu," ucapnya.

(qlh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini