nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketegangan Jamaah Umrah Indonesia saat Pesawat Sempat Dilarang Mendarat di Saudi

Melly Puspita, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 08:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 28 337 2175375 ketegangan-jamaah-umrah-saat-pesawat-sempat-dilarang-mendarat-di-arab-saudi-v52I1Y4Hqx.jpg (Foto: Istimewa)

PALEMBANG - Ratusan jamaah umrah dari Sumatera Selatan, Batam dan Bangka yang berangkat menggunakan maskapai Lion Air JT 112, dari Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Kamis 27 Februari 2020. Terjadi ketegangan karena pesawat sempat dilarang mendarat di Jeddah.

Menurut Tour Leader Karoma Bait Al-Ansor, Yuliana, pihaknya memberangkatkan 291 jamaah umrah. Sempat terjadi ketegangan di dalam pesawat sebelum mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Madinah.

Ketegangan itu terjadi karena ratusan jamaah umrah ini dilarang untuk memasuki Madinah oleh Pemerintah Saudi Arabia. Pesawat Lion Air JT 112 juga dilarang untuk mendarat ke Bandara King Abdul Aziz, sebelum ada keputusan dari Pemerintah setempat.

Baca juga: Mengenal Pulau Sebaru Kecil, Tempat Observasi 188 Awak Kapal World Dream

"Diminta tunggu selama 15 menit ke depan karena pihak KBRI dan Pemerintah Arab Saudi khususnya Airport King Abdul Aziz sedang berdialog, apakah boleh melanjutkan perjalanan menuju Jeddah atau harus putar balik ke Bandara Sultan Mahmud Badarudin II," kata Yuliana kepada Okezone, Jumat (28/2/2020).

"Setelah 15 Menit, pilot memberi kabar, alhamdulillah Lion Air JT 112 boleh lanjut untuk landing Jeddah. Jamaah di Bandara King Abdul Aziz juga sudah lolos pemeriksaan Imigrasi Jeddah, sekarang sudah melanjutkan perjalanan ke Madinah," lanjut Yuliana.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Dekati Arab Saudi agar Jamaah Indonesia Bisa Umrah

Pemerintah Arab Saudi melarang sementara jamaah ataupun wisawatan dari sejumlah negara, menyusul merebaknya kasus korona (Covid-19). Pelarangan juga berlaku bagi jamaah umrah asal Indonesia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini