nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Upaya Pemerintah Lobi Kerajaan Arab Saudi soal Penghentian Sementara Umrah

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 15:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 27 337 2175045 begini-upaya-pemerintah-lobi-kerajaan-arab-saudi-soal-penghentian-sementara-umrah-6h69fBbbv3.jpg Menkes Terawan Agus Putranto (foto: Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia menghormati kebijakan Arab Saudi yang memutuskan menghentikan sementara pelaksanaan umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi, sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona (Covid-19). Namun, pemerintah akan berupaya negosiasi dengan Kerajaan Arab Saudi agar masyarakat bisa melaksanakan ibadah umrah.

"Ya namanya juga berusaha demi untuk rakyat pasti kita melakukan upaya seperti itu. Tapi caranya juga kan halus," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Baca Juga: Arab Saudi Bekukan Perjalanan Umrah, Ratusan Jamaah Menumpuk di Bandara Juanda 

Langkah-Langkah Antisipasi Pencegahan Virus Korona Terus Dilakukan

"Itu keputusan sebuah negara kita harus hormati lah. Tapi kan ngomong-ngomong kan enak, ya toh, negosiasi dan sebagainya. Tapi kita enggak memaksakan diri karena itu keputusan, menghargai, supaya tak jadi preseden buruk untuk kemudian hari," sambungnya.

Sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi memutuskan menghentikan sementara pelaksanaan ibadah umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi, sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona (Covid-19).

Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, sebagaimana diberitakan VoA Indonesia, kebijakan itu hanya untuk warga dari negara-negara yang suspect korona.

Namun ia akan memastikan informasi ini lebih jauh kepada Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, termasuk soal apakah Indonesia akan terkena dampak kebijakan ini.

Bendahara Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Tauhid Hamdi meminta calon jamaah umrah di Indonesia tak panik dan tetap mengikuti aturan dari Arab Saudi.

“Minta tetap mengikuti aturan arab saudi yg sipatnya sementara untuk kebaikan kita semua,” kata Tauhid kepada Okezone.

Baca Juga: Jamaah Umrah Menumpuk di Bandara Soetta Pasca-Penutupan Penerbangan ke Arab Saudi


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini