nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Hormati Keputusan Kerajaan Arab Saudi Hentikan Sementara Umrah

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 12:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 27 337 2174908 jokowi-hormati-keputusan-kerajaan-arab-saudi-hentikan-sementara-umrah-Z0DuugPbpP.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghormati Kerajaan Arab Saudi yang memutuskan menghentikan sementara pelaksanaan ibadah umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi, sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona (Covid-19).

"Kita menghargai, kita menghormati, karena apapun yang namanya kesehatan itu dinomorsatukan oleh pemerintah Arab Saudi. Kita sangat menghargai," kata Jokowi usai menghadiri acara Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Baca Juga: DPR Masih Tunggu Penjelasan Kerajaan Arab Saudi Mengenai Penghentian Sementara Jamaah Umrah 

Kepala Negara mengaku baru mendapatkan informasi soal ini kemarin. Ia yakin kebijakan itu diambil tidak hanya untuk Indonesia, melainkan untuk semua negara demi memproteksi masyarakat Arab Saudi dari penyebaran virus korona.

Usai Ibadah Umrah, Jokowi Potong Rambut Iriana dan 2 Putranya 

"Saya baru mendapatkan informasi kemarin. Saya kira ini kan tidak hanya untuk Indonesia, tapi untuk semua negara karena mereka ingin memproteksi, melindungi warga negaranya dari virus korona. Kita sangat menghargai itu," ujar Jokowi.

Diketahui sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi memutuskan menghentikan sementara pelaksanaan ibadah umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi, sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona (Covid-19).

Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, sebagaimana diberitakan VoA Indonesia, kebijakan itu hanya untuk warga dari negara-negara yang suspect korona. Namun ia akan memastikan informasi ini lebih jauh kepada Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, termasuk soal apakah Indonesia akan terkena dampak kebijakan ini.

Baca Juga: Kemenag Hormati Keputusan Arab Saudi Hentikan Sementara Pelaksanaan Umrah 

Bendahara Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Tauhid Hamdi meminta calon jamaah umrah di Indonesia tak panik dan tetap mengikuti aturan dari Arab Saudi.

“Minta tetap mengikuti aturan Arab Saudi yg sipatnya sementara untuk kebaikan kita semua,” kata Tauhid kepada Okezone.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini