Share

2 WNI ABK Diamond Princess Tolak Dievakuasi

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 27 Februari 2020 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 27 337 2174907 2-wni-abk-diamond-princess-tolak-dievakuasi-GBUxddnmfh.jpg Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi menerangkan bahwa jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru di kapal pesiar Diamond Princess sebanyak 78 orang.

Sementara terdapat 9 orang yang dinyatakan positif dan seorang negatif. Sehingga total yang akan dievakuasi dengan pesawat sebanyak 70 WNI. Namun, lanjut dia, sebanyak dua WNI kru kapal pesiar itu justru menolak dievakuasi.

"Tapi berdasarkan informasi dari perusahaan ada dua warga negara yang memang memilih untuk tinggal," kata Retno di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Retno menerangkan bahwa evakuasi tersebut bersifat sukarela. Sehingga, pemerintah enggan memaksakan WNI untuk kembali ke Tanah Air.

"Sekali lagi evakuasi ini sifatnya sukarela," tuturnya.

Retno menambahkan bahwa sampai proses evakuasi dengan pesawat dilakukan bisa saja terjadi perubahan jumlah WNI yang akan dievakuasi lantaran adanya penyebaran virus korona atau Covid-19 itu.

"Oleh karena itu, kalimat (yang) sampai saat ini menjadi sangat penting sekali jumlah yang akan dievakuasi seperti yang disampaikan oleh Pak Menko adalah 68 WNI," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini