Menpan RB: Pemindahan ASN ke Ibu Kota Baru Dilakukan 2-3 Tahun Lagi

Bramantyo, Okezone · Kamis 27 Februari 2020 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 27 337 2174725 menpan-rb-pemindahan-asn-ke-ibu-kota-baru-dilakukan-2-3-tahun-lagi-gpR3BSUKqF.jfif Menpan RB Tjahjo Kumolo (Okezone.com/Fahreza)

SOLO – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke lokasi Ibu Kota Baru RI di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, akan direalisasikan 2 atau 3 tahun lagi.

Menurutnya pemerintah saat ini sedang menyiapkan skema dan pemindahan ASN dari berbagai kementerian atau lembaga negara. Diperkirakan ada 1 juta ASN yang akan dipindahkan menyusul pindahnya Ibu Kota dari Jakarta ke Kaltim.

"Pemerintah sendiri mulai mempersiapkan sedari sekarang, termasuk pendataan ASN di kementerian pusat," kata Tjahjo Kumolo di Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/2/2020).Ilustrasi

Desain Ibu Kota baru di Kaltim (Kemen PUPR)

"Pemindahan ASN ini tentunya tidak dilakukan saat ini, namun 3-4 tahun lagi. Bila pendataan yang saat ini tengah kami lakukan selesai, data akan dikirim ke kementerian lewat menteri, sekjen dan sesmen," tambah politikus PDIP itu.

Baca juga: PNS Pindah ke Ibu Kota Baru, Dapat Rumah hingga Fasilitas Pendidikan

Menurutnya semua ASN akan dipindahkan ke Ibu Kota baru, kecuali bagi yang sudah memasuki masa pensiun atau yang tidak berkompeten.

"Semua ASN akan dipindahkan, kecuali ASN pensiun atau ASN yang kompetensinya tidak ada, tidak akan dibawa. Tapi nantinya akan dibangunkan smart government atau smart office," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini