DPR Setuju Pemerintah Terima Hibah 14 Drone dan Helikopter Bell dari AS

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 26 Februari 2020 16:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 26 337 2174483 dpr-setuju-pemerintah-terima-hibah-14-drone-dan-helikopter-bell-dari-as-TwI14ad8kw.jpg Komisi I DPR RI Meutya Hafid. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Komisi I DPR menyetujui rencana pemerintah yang bakal mendapat hibah 14 drone ScanEagle dan upgrade Helikopter Bell 412 dari Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut disetujui saat Komisi I DPR menggelar rapat kerja dengan Kementerian Pertahanan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

"Hari ini kita memberikan persetujuan kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan, dalam pemberian hibah dari Amerika Serikat, dalam bentuk ScanEagle UAV 14 unit," ucap Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid dalam rapat.

Meskipun pihaknya sudah memberikan persetujuan, Meutya memberikan beberapa catatan. Seperti mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam penerimaan hibah itu.

"Kehati-hatian itu apa? Tentu barangnya diperiksa dulu, kelayakannya diperiksa dulu, kemudian juga misalnya alat deteksi dan lain-lain harus dibersihkan terlebih dahulu dari hibah tersebut," ujarnya.

Sementara itu Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan hibah dari AS itu untuk memperkuat alutsista di TNI Angkatan Laut (AL).

Wahyu menuturkan pemerintah AS sejak 2014 sampai 2015 menawarkan program hibah kepada TNI. Karena itu,

pada 2017 TNI AL mengambil program FMF Hibah tersebut berupa Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan upgrade helikopter Bell 412.


Baca Juga : Dahnil Sebut Mantan Teroris hingga Residivis Tak Bisa Ikuti Komcad

"Sesuai ketentuan, Kemhan membentuk tim pengkaji untuk menilai barang hibah tersebut," katanya

Dari kajian yang dibuat Kemenhan itu, lanjutnya, melakukan penilaian apakah barang tersebut layak diterima dari aspek teknis, ekonomis, politis, dan strategis.

"Dari kajian tersebut Kemenhan memutuskan menerima program hibah dimaksud," kata Wahyu.


Baca Juga : Prabowo Lepas Burung Elang di Gurun Pasir dalam Lawatan ke UEA

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini