Fakta-Fakta Banjir Jakarta, Istana Kepresidenan Tergenang hingga 3.565 Warga Mengungsi

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 26 Februari 2020 07:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 26 337 2174180 fakta-fakta-banjir-jakarta-istana-kepresidenan-tergenang-hingga-3-565-warga-mengungsi-4wco1ikflF.jpg Banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur (Okezone.com/Puteranegara)

JAKARTA – Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir Selasa 25 Februari 2020, akibat hujan deras mengguyur wilayah ini. Banjir terjadi di sejumlah titik, sebagian aktivitas ekonomi masyarakat terganggu. Beberapa ruas jalan ditutup akibat tergenang.

Lebih 3 ribu warga mengungsi dan dua orang warga meninggal tersengat listrik saat banjir.

Berikut beberapa fakta banjir Jakarta yang dirangkum Okezone.

1. 294 RW di Jakarta Terendam Banjir

Sedikitnya 294 Rukun Warga (RW) di Jakarta terendam banjir, pada Selasa 25 Februari 2020.

Kapusdatin BPBD DKI Jakarta, M Insaf mengatakan, ketinggian banjir di beberapa titik mencapai 2 meter seperti di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur.

"RW terdampak banjir 10,74 persen dari total 2.738 RW di DKI," tuturnya.Banjir

2. Ada 3.565 Warga Mengungsi

Banjir yang menggenangi sejumlah titik di Jakarta merendam banyak rumah. Sedikitnya 3.565 warga terpaksa mengungsi di 40 lokasi.

3. Dua Warga Meninggal

Banjir yang merendam permukiman warga di RW 04 Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur merenggut dua korban jiwa. Kedua warga meninggal dunia akibat tersengat arus listrik.

Baca juga: Jakarta Banjir, Istana Kepresidenan Ikut Tergenang

4. Ratusan Gardu Listrik Dipadamkan

Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta, membuat PT PLN (Persero) memadamkan listrik di sejumlah wilayah demi keselamatan warga agar terhindar dari bahaya sengatan arus listrik. Tercatat ada 868 gardu listrik PLN di Jakarta dipadamkan.

Di DKI Jakarta, wilayah yang aliran listriknya dipadamkan sementara meliputi sebagian Pondok Kopi, Cempaka Putih, Menteng, Pondok Gede, Bandengan, Cengkareng, Lenteng Agung, Kramatjati, Jatinegara, Ciracas, Kebon Jeruk, Bintaro, Bulungan, serta Marunda.

"Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan demi keselamatan masyarakat," ucap Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka.

5. Aturan Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan

Polda Metro Jaya menyatakan sistem ganjil-genap pelat nomor kendaraan tidak diberlakukan pada hari ini. Keputusan tersebut dampak banjir yang menggenangi sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta.

6. Rute KRL Hanya Sampai Manggarai

Perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) dengan sejumlah tujuan mengalami gangguan akibat banjir yang merendam perlintasan kereta di Jakarta dan sektarnya, kemarin.

Menurut VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba, terdapat genangan air merendam lintasan antara Stasiun Kampung Bandan - Stasiun Kemayoran, dan di Stasiun Sudirman.

“Untuk itu, sebagai antisipasi PT KCI melakukan rekayasa pola operasi,” kata.

7. Istana Kepresidenan Sempat Terendam

Hujan yang mengguyur wilayah DKI Jakarta sempat mengakibatkan Kompleks Istana Kepresidenan di Gambir, Jakarta Pusat, tergenang banjir. Namun, langsung ditangani hingga surut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini