nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RSCM Kebanjiran, Komisi IX DPR: Sangat Memprihatinkan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 07:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 26 337 2174175 rscm-kebanjiran-komisi-xi-dpr-sangat-memprihatinkan-RXr9aYitgb.jpg RSCM Jakarta Pusat (Okezone.com/Fadel)

JAKARTA – Banjir yang melanda Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat jadi sorotan publik. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh menilai, ironi RSCM tidak memiliki fasilitas memadai dalam mengantisipasi banjir.

"Kondisi RSCM ini sudah sangat memerihatinkan, dalam artian ketika ada kondisi banjir itu mereka tidak memiliki fasilitas memadai," kata Nihayatul kepada Okezone, Rabu (26/2/2020).

Nihayatul mengetahui kondisi tersebut usai meninjau langsung bersama dengan sejumlah anggota Komisi IX DPR RI ke RSCM. Hasilnya ia terkejut melihat kondisi tersebut.

"Contoh pompa air mereka hanya punya dua atau tiga, padahal mereka bilang butuh sepuluh, mereka harus pinjam kemana-mana, mereka harus kontak Pemprov (DKI Jakarta) dan sebagainya," ungkapnya.

 rscm

Kondisi RSCM saat banjir pada Minggu 24 Februari 2020 (Okezone.com/Fadel)

Menurutnya, kondisi tersebut memperlihatkan bahwa upaya untuk memitigasi bencana masih rendah. Meski begitu ia tak menampik bahwa ada khusus tim bencana di RSCM namun kondisi air diluar dugaan.

Baca juga: Banjir Rendam RSCM, Tim Damkar dan Pasukan Oranye Sedot Genangan

"Ini menunjukkan perhatian kita pada persoalan bencana masih rendah, walaupun sebenernya ada SOP-nya mereka punya tim tanggap bencana juga, tapi ternyata tidak seekspektasi sebesar ini (banjirnya). Mereka (juga) kesulitan untuk dana," terangnya.

Banjir melanda RSCM, pada Minggu hingga Senin kemarin. Paling parah tergenang adalah ruangan radiologi. Beberapa alat medis terendam. (sal)

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini