nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Kunjung Dievakuasi, WNI di Kapal Diamond Princess Diminta Bersabar

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 15:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 25 337 2173882 tak-kunjung-dievakuasi-wni-di-kapal-diamond-princess-diminta-bersabar-03iC855NoO.jpg Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Fadjroel Rachman. (Foto : Okezone.com/Fahreza Rizky)

JAKARTA – Pemerintah sudah memutuskan mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) di kapal pesiar World Dream maupun Diamond Princess.

Meski demikian, WNI kru Kapal World Dream akan terlebih dahulu dievakuasi ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Fadjroel Rachman, mengatakan saat ini pemerintah sedang menyiapkan langkah-langkah teknis untuk melakukan evakuasi.

"Sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto bahwa untuk WNI yang sekarang berada di World Dream segera dievakuasi dan diobservasi ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta," kata Fadjroel Rachman dalam keterangannya, Selasa (25/2/2020).

Menurut Fadjroel, sejumlah WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess, Yokohama, Jepang, secara teknis lebih sulit dievakuasi. Namun, ia menegaskan bahwa mereka akan tetap segera dievakuasi juga.

Kapal pesiar World Dream. (Foto : Dream Cruise Line)

"Kami berpesan, agar sedikit bersabar karena pemerintah akan menjemput segera. Keputusan politik sudah diambil oleh Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Terkait rencana evakuasi WNI yang berada di kapal Diamond Princess, Kementerian Luar Negeri dan KBRI sudah berkoordinasi sejak hari pertama merebaknya virus korona.

"Sekali lagi pihak KBRI dan Kemenlu sudah berhubungan dengan mereka, baik yang berada di kapal termasuk menyediakan logistik, dan termasuk mereka yang sedang berada di rumah sakit yang sudah terdampak virus korona. Jadi perlakuannya sama ketika kita menghadapi para WNI di Provinsi Hubei, 238 WNI itu sejak hari pertama sudah berhubungan dengan KBRI. Bahkan memberikan logistik dan sejumlah dana supaya mereka tetap bertahan," ujarnya.


Baca Juga : DPR Dukung Langkah Pemerintah Observasi 188 WNI di Pulau Sebaru Kecil

Ia memastikan, WNI yang berada di Kapal Diamond Princess dan World Dream akan diperlakukan sama seperti WNI yang dievakuasi dari China.

"Tidak ada seorangpun yang akan ditinggalkan pemerintah. Itu keputusan politik yang sudah diambil oleh Presiden Joko Widodo," tuturnya.


Baca Juga : Kemenkes Tegaskan WN Jepang Positif Korona Bukan Tertular di Indonesia

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini