nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU Serahkan Data CSV Calon Perseorangan Pemilihan Tahun 2020 ke Bawaslu

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 19:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 24 337 2173458 kpu-serahkan-data-csv-calon-perseorangan-pemilihan-tahun-2020-ke-bawaslu-FXUH25IB1w.jpg Foto: Okezone.com/Rizki

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyerahkan data Comma Separated Values (CSV) syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan, pada Pemilihan Tahun 2020 kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Penyerahan itu sendiri dilakukan oleh Ketua KPU Arief Budiman, kepada Ketua Bawaslu RI Abhan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

 Baca juga: Pendaftar Bakal Calon Independen di Pilkada Sukoharjo Masih Sepi

Arief mengatakan, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Dimana jadwal tahapan penyerahan syarat bagi bakal calon tersebut, sudah selesai dilakukan untuk bakal calon perseorangan dalam pemilihan gubernur, dan wakil gubernur pada 20 Februari lalu.

"Jadwal tahapan sudah selesai dari tanggal 16-20 Februari, dan untuk jadwal pengecekan itu berakhir 23 Februari untuk provinsi gubernur dan wakil gubernur," ujar Arief di KPU.

 Baca juga: Balon Independen Resmi Mendaftar, Pilkada Solo Tak Lagi Lawan Kotak Kosong?

Sementara kata dia, untuk bupati dan wakil bupati dan atau walikota dan wakil walikota, jadwal penyerahan syarat selesai pada 23 Februari tadi malam.

"Untuk bupati dan wakil bupati atau walikota dan wakil walikota dimulai kemarin 23 Februari sampai pukul 24.00 WIB sudah selesai maka tidak ada tahap perbaikan," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik menjelaskan, saat ini KPU telah menerima pendaftaran dari 361 bakal paslon yang tersebar di 181 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Namun kata dia, hanya 96 bakal paslon yang memenuhi persyaratan.

"(Dari 361) statusnya 96 bakal paslon yang diterima, kemudian status ditolak 14 bakal paslon karena tidak sesuai aturan KPU," terangnya.

Kemudian ada 138 bakal paslon yang batal menyerahkan syarat dukungan ke KPU kabupaten/kota.

"Sementara yang sudah menyerahkan itu ada 113 bakal paslon yang sedang dilakukan pengecekan oleh KPU di kabupaten/kota kita," terangnya.

Evi menambahkan, data ini sendiri masih bisa mengalami perubahan sebab masih ada proses pengecekan terhadap bakal paslon tersebut hingga tanggal 26 Februari mendatang.

"Inilah data-data terakhir yang sudah kita lakukan proses semua tentu saja hari perhari akan berubah, apakah bakal paslon tersebut diterima atau ditolak setelah di cek jumlah syarat minimalnya apakah terpenuhi atau tidak," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini