nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepercayaan Publik Menurun, Ketua KPK Janji Bakal Bekerja Lebih Keras

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 15:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 24 337 2173316 kepercayaan-publik-menurun-ketua-kpk-janji-bakal-bekerja-lebih-keras-rQJDXq17Bz.jpg Ketua KPK Firli Bahuri (Foto : Okezone.com/Fakhrizal)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan adanya penurunan kepercayaan publik berdasarkan hasil survei terhadap lembaga antirasuah, dijadikan pihaknya sebagai masukan agar bekerja lebih keras.

"Itu kita jadikan sebagai titik tolak untuk ke depan. Tentu kita harus bekerja keras," kata Firli di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Firli menilai, penurunan tingkat kepercayaan publik kepada KPK karena besarnya kecintaan masyarakat terhadap lembaga antirasuah yang merupakan lembaga paling dipercaya dalam pemberantasan korupsi.

Ia pun memastikan bahwa menerima adanya penurunan kepercayaan publik terhadap KPK. Kemudian, KPK akan melakukan evaluasi kinerjanya untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat.

"Tapi yang pasti begini, tentu apa yang kita capai hari ini bukan karena hasil sebulan dua bulan, sudah lama kan orang melakukan penelitian itu. Jadi apapun hasilnya kita terima, kita lakukan, kita evaluasi yang mana yang harus kurang, yang mana yang harus diperbaiki," tandasnya.

Baca Juga : Dirazia Polisi, Pelaku Tinggalkan Motor dan Ganja 12 Kg untuk Ambil SIM

Sebelumnya, Survei Indo Barometer merilis hasil survei terbarunya yang menyatakan adanya penurunan kepercayaan publik terhadap KPK. Sementara, masyarakat menjadikan TNI sebagai lembaga yang paling dipercayai.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodri mengatakan bahwa bisanya lembaga antirasuah berada dalam tiga besar institusi yang paling dipercayai masyarakat.

Survei ini dilakukan pada periode 9-15 Januari 2020 dengan melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi. Margin of error survei mencapai ± 2.83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini