Kepala BNPB: Sering Minum Jamu, Warga Indonesia Kebal Virus Korona

Alfina Nuraini, Okezone · Senin 24 Februari 2020 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 337 2173306 kepala-bnpb-sering-minum-jamu-warga-indonesia-kebal-virus-korona-c4hBtFWwKb.jpg Kepala BNPB, Doni Monardo (foto: Okezone.com/Alfina)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Munardo sesumbar jika warga Indonesia kebal terhadap wabah korona karena mengkonsumsi produk lokal berupa jamu, dan rempah-rempah.

Menurutnya, masyarakat Indonesia kebal karena sering mengkonsumsi jamu yang merupakan produk olahan negeri sendiri.

"Apa mungkin karena kita sering minum jamu? Atau mungkin sudah kebal karena sering masuk angin dan batuk pilek, jadi begitu ada virus langsung mental," kata Doni dalam acara Seminar Nasional bertajuk "Penerpan Inovasi Teknologi dan Pendekatan Ekosistem dalam Penanggulangan Bencana Berbasis Kearifan Lokal", di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (24/2/2020).

 Baca juga: Minta Segera Dievakuasi, WNI Kru Diamond Princess: Kami Ibarat Dibunuh Pelan-Pelan

Selain itu, Doni juga mengungkapkan, tradisi masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi jamu bahkan rempah-rempah sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit.

"Karena ini warga Indonesia dianggap lebih tahan, dibandingkan warga negara lainnya dalam mengatasi virus korona," Jelasnya.

 Baca juga: Pemerintah Sangat Berhati-hati Evakuasi 74 WNI dari Kapal Diamond Princess

Dalam hal ini, ia juga berharap Indonesia bisa turun tangan dan dapat menjadi penemu obat penawar virus korona.

"Mudah-mudahan kita menjadi bagian dari pihak yang bisa menemukan sejumlah obat, yang dapat mengatasi penyakit-penyakit yang permanen seperti virus korona sekarang ini," kata Doni.

Jadi, masyarakat Indonesia diimbau agar tetap mengkonsumsi serta melestarikan kearifan lokal yang dimiliki Indonesia dan terus melanjutkan tradisi mengkonsumsi jamu sebagai obat penyembuh.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini