nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Evakuasi WNI di Kapal World Dream, Pemerintah Siapkan Tempat Observasi di Pulau Sebaru

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 12:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 24 337 2173158 evakuasi-wni-di-kapal-world-dream-pemerintah-siapkan-tempat-observasi-di-pulau-sebaru-vzfZoHtSH8.jpg Muhadjir Effendy dan Terawan. (Foto: Okezone.com/Fahreza Rizky)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (24/2/2020). Pertemuan berlangsung tertutup.

Pertemuan ini membahas rencana evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di kapal World Dream dan di kapal Diamond Princess.

Pemerintah memutuskan akan lebih dulu mengevakuasi WNI yang ada di Kapal World Dream. "Jadi kita akan tangani satu per satu biar lebih cermat dengan segala kehati-hatian," kata Muhadjir di lokasi.

Muhadjir menuturkan, ratusan WNI di Kapal World Dream telah sampai di perairan Bintan, Kepulauan Riau. Mereka akan dijemput dengan KRI dr Soeharso, ke tempat observasi di Pulau Sebaru, Kepualaun Seribu.

"Kemarin kapal dr Soeharso sudah meluncur ke laut di sekitar wilayah Riau untuk kemudian dipindahkan ke kapal dr Soeharso, dan akan diobservasi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan WHO," tutur dia.

Menko PMK, Muhadjir Effendy. (Foto: Okezone.com)

Muhadjir menuturkan, ratusan WNI yang dievakuasi dari Kapal World Dream harus menjalani masa observasi, sebagaimana WNI dari Wuhan. Namun, tempat observasi kali ini terletak di Pulau Sebaru.

"Lokasinya sudah ditetapkan dan sudah disiapkan yaitu ada pulau kosong, pulau tidak berpenghuni di (pulau) Sebaru satu saya. Tempat yang kita anggap aman karena pulau tidak ada penghuninya, Fasilitasnya sudah bagus, tinggal dipakai saja," ungkap Muhadjir.

Baca juga: Kapal World Dream Hentikan Operasional Dampak Virus Korona, 188 WNI Dievakuasi TNI

Sebanyak 188 WNI kru kapal pesiar World Dream dipulangkan menggunakan TNI AL terkait kekhawatiran penyebaran virus korona. Kini kapal tersebut sudah 'melepaskan jangkar' di perairan di dekat kepulauan Bintan, Riau. 188 WNI tersebut dipindahkan ke kapal TNI AL.

"Kami lepas jangkar di perairan internasional dekat Kepulauan Bintan untuk memindahkan para kru ke kapal TNI AL," ucap President of Dream Cruises, Michael Goh.

Departermen Kesehatan Hong Kong mengonfirmasi semua penumpang dan kru kapal sudah diperiksa secara intensif. Semua sampel yang diambil disebut negatif virus korona.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini